Menu Click to open Menus
Home » 16 » Bisnis yang Menjanjikan

Bisnis yang Menjanjikan

(281 Views) July 4, 2019 8:53 am | Published by | Comments Off on Bisnis yang Menjanjikan

Bisnis yang Menjanjikan.

Aku yakin bagi para sahabat yang menemukan artikel ini dari pencarian google adalah para sahabat yang sedang mencari ide bisnis. Atau paling tidak, sedang ingin membuka sebuah bisnis.

Dan jika sahabat sedang mencari ide bisnis atau sedang ingin membuka bisnis, maka halaman ini 100% cocok untuk kebutuhan Anda.

Bisnis yang menjanjikan

Ketika sahabat membaca artikel bahkan nanti sampai selesai, sahabat pasti akan berpikir dua kali lipat akan rencana sahabat untuk membuka bisnis apalagi membuka bisnis-yang-menjanjikan.

Menurutku, bisnis-yang-menjanjikan itu hanyalah fantasi belaka. Bisnis-yang-menjanjikan hanya khayalan belaka. Tidak ada satu pun bisnis di dunia ini yang menjanjikan. Apalagi ide bisnis-yang-menjanjikan hasil yang luar biasa seperti yang dikisahkan di film – film atau diceritakan oleh orang – orang yang ingin merekrut Anda menjadi downline mereka.

Sesuai pengalamanku di dunia bisnis dan juga pembelajaranku di sana, yang menjanjikan bukan lah bisnisnya melainkan kerjanya. Mengapa aku katakan kerjanya yang menjanjikan dan bukan bisnisnya? Alasanku adalah meskipun kita percaya 100% bahwa industri yang kita geluti subur dan bisnis yang akan kita bangun pasti akan subur pula, belum tentu realitas nya berjalan sesuai dengan keinginan kita itu. Bahkan bisa jadi, bisnis kita gagal di tahun pertama.

Pernah, aku baca dari sebuah artikel bahwa terkadang kita para founder overconfident akan bisnis yang kita bangun. Kita tertipu akan khayalan bahwa delusi kita bahwa kita telah menang. Dan ini sebenarnya membuat kita lupa akan prinsip – prinsip dasar yang harus kita pegang untuk bisa menang atau sukses dalam kompetisi. Overconfidence membunuh.

Sekali lagi tidak ada ide bisnis-yang-menjanjikan. Sehebat apa pun ide bisnis tersebut, namun jika tidak dibutuhkan di pasar atau meskipun dibutuhkan tetapi karena overconfident, kita akhirnya ditumbangkan oleh bisnis lain (meskipun ide bisnisnya tidak briliant seperti yang kita punya).

Akan tetapi supaya sahabat tidak merasa down, aku mau share dengan para sahabat sekalian beberapa prinsip yang bisa menjanjikan Anda. Bahwa terlepas dari ide bisnis Anda (entah dinilai hebat atau tidak), untuk bisa sukses sahabat harus melakukan ini.

  1. Sahabat harus bekerja lebih keras dan dalam waktu yang lebih lama ketimbang pesaing Anda. Makanya, bagi sahabat yang memiliki intensi untuk berhenti menjadi karyawan supaya bisa menjadi seorang pebisnis hanya karena sahabat tidak mau kerja lebih keras dan lebih lama, aku sarankan sahabat untuk tetap menjadi karyawan. Mengapa? Ketika sahabat menjadi seorang pebisnis, sahabat akan bekerja 3-5x lebih keras, lebih lama daripada kerja Anda sekarang. Kalau bekerja sebagai karyawan aja (yang notabenenya cuma kerja selama 8 jam dalam 5 hari saja), sahabat mengeluh, bagaimana bisa mengurus sebuah bisnis yang menguras tenaga Anda selama 18 jam sehari dan selama 7 hari seminggu? Bagaimana sahabat bisa mengatasinya? Menjadi seorang pebisnis itu tidak mudah. Anda bisa jadi, dibenci oleh teman – temanmu, istrimu, anak – anakmu, keluarga besarmu. Mengapa? Karena kalau dulu, sahabat bisa sering jalan – jalan bareng mereka, bersantai dengan mereka sampai lupa waktu, sekarang tidak lagi. Makanya, aku katakan bahwa jika sahabat mau berhenti jadi karyawan karena sahabat ingin bekerja lebih sedikit, sahabat salah.
  2. Sahabat harus belajar lebih banyak dan lebih cepat daripada pesaing Anda. Ini berarti, di mana saja sahabat berada, sahabat harus terus menganalisa perkembangan bisnis Anda. Jika temukan ada yang kurang beres, segera cari mentor, buku atau informasi lainnya untuk tahu cara memperbaikinya. Banyak yang akan sahabat pelajari. Sahabat akan belajar mulai dari cara menciptakan produk (jika sahabat menciptakan produk), cara memasarkan, cara mengelola keuangan Anda, cara memperbaiki operasional Anda dan lain – lain. Ini semua menguras tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Itulah alasannya, sahabat harus betul – betul mempertimbangkan ini semua.
  3. Sahabat tidak boleh mengeluh karena pekerjaan yang menumpuk dan lain – lainnya. Tidak boleh menyerah, tidak boleh berhenti. Harus terus mencari solusi untuk menyelesaikan semua tugas itu.
  4. Sahabat harus punya mental bahwa sahabat tidak akan terbayar sampai produknya bisa laku di pasar. Jika tidak, meskipun sahabat udah bekerja dengan begitu keras, waktu yang didedikasikan cukup banyak, sahabat tidak pernah dibayar. Saat Anda berada di bisnis, orang tidak membayar Anda karena berapa banyak kerja yang telah dilakukan. Tetapi, orang membayar Anda karena Anda membantu mereka menyelesaikan masalah mereka.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai sebuah bisnis. Karena meskipun Anda pikir, ide bisnis mu hebat, semua itu tidak ada apa – apanya jika sahabat tidak taat pada beberapa prinsip dasar di atas. Dan begitu saja dulu, sampai jumpa di sharing berikutnya.

Categorised in:

Comment Closed: Bisnis yang Menjanjikan

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!