Menu Click to open Menus
Home » 29 » Cara Baca Bahasa Inggris

Cara Baca Bahasa Inggris

(594 Views) July 17, 2019 5:25 pm | Published by | Comments Off on Cara Baca Bahasa Inggris

Cara Baca Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris di zaman globalisasi ini sangat penting. Sangat dibutuhkan. Dalam membangun karir bahkan bisnis, skill ini akan mempermudah dan memperlancar proses Anda.

Akan tetapi, meskipun skill ini merupakan skill penting yang harus dimiliki, untuk bisa lancar berbahasa Inggris tentu butuh perjuangan. Terutama bahwa bahasa Inggris tidak seperti bahasa kita, bahasa Indonesia.

Belajar bahasa Inggris dasar

Kalau bahasa Indonesia, cara bacanya sama seperti cara tulis. Misalkan kalau kita baca kata ‘cara’ maka baca seperti biasa. Akan tetapi, tidak halnya dengan bahasa Inggris. Kalau bahasa Inggris, tulisannya lain, bacanya juga lain. Contoh: kata ‘read’, jika kita baca dalam bahasa Inggris, bunyinya adalah rid.

Secara IPA (International Phonetic Alphabet), read dibaca dengan ri:d. Jadi, bunyi ‘r’ diikuti dengan buny ‘i’ panjang dan diakhiri dengan bunyi ‘d’.

Contoh lain, kata ‘pick’ dibaca ‘pik’. Bunyi ‘p’, diikuti bunyi ‘i’ pendek dan diakhiri dengan bunyi ‘k’. Bunyi – bunyi yang ada juga (kalau mau bunyi dengan tepat seperti Native Speaker atau bule) berbeda dengan cara kita membunyikan bunyi – bunyi dalam bahasa Indonesia.

Belajar Bahasa Inggris Online Untuk Pemula

Makanya, kita memang butuh latihan yang cukup. Latihan ini biasanya dinamakan latihan pelafalan atau dikenal dengan pronunciation practice.

Dan berikut, sebagai petunjuk atau pedoman untuk para sahabat sekalian, aku mau lampirkan cara membunyikan bunyi – bunyi bahasa Inggris. Ini adalah International Phonetic Alphabet atau IPA yang bisa sahabat temukan di kamus – kamus ternama seperti Oxford, Cambridge dan Merriam – Webster.

Cara Baca Bahasa InggrisKeterangan Cara Baca Bahasa Inggris: International Phonetic Alphabet.

Jika para sahabat melihat ini dan bingung, itu tidak menjadi masalah. Biasanya bingung awal – awal aja. Lama – lama juga bisa. Bahkan yang lebih dahsyat lagi, semakin lama para sahabat mempelajari ini, sahabat bisa menerka bunyi apa yang diucapkan oleh orang bule.

Contoh: mungkin saat nonton atau berbicara langsung dengan bule, para sahabat tidak tahu kosakata yang dia bicarakan. Tapi karena sahabat udah master atau kuasai bunyi – bunyi di atas, maka sahabat akan mudah menerka kata apa saja yang dia sebutkan tadi.

Dan sekali lagi, untuk menguasai ini, sahabat harus mempelajarinya. Bila perlu sahabat belajar langsung dari bule baik offline maupun online (baik kursus maupun platform lain). Atau pun kalau sahabat tidak bisa menemukan pengajar Bule, sebaiknya sahabat belajar langsung dari pengajar lokal yang punya pengalaman kuliah atau mungkin kerja di luar negeri.

Biasanya orang yang kuliah atau kerja di luar negeri memiliki pengetahuan pronunciation lebih banyak ketimbang para pengajar yang belajar di Indonesia saja.

Dan sebagai pengetahuan para sahabat dalam membunyikan bunyi bahasa Inggris, sebuah huruf bisa punya lebih dari beberapa bunyi. Jadi, di bawah ini, aku mau berbagi dengan para sahabat mengenai hal itu.

Pertama. Untuk bunyi A atau a sendiri ada 3 macam bunyi.

Bunyi A atau a yang pertama terdapat di kata – kata seperti cat, fat, pack, sad, last dan seterusnya. Bunyi a ini biasanya lebih cendrung pendek tapi terbuka lebar.

Bunyi A atau a yang kedua terdapat di kata – kata seperti cut, fun, plug, suck, luck dan seterusnya. Nah, sahabat bisa melihat. Tulisan yang cuma beda satu huruf saja beda penyebutannya. Contoh: cat dan cut. Kedua kata ini, secara penyebutan berbeda namun mirip. Makanya, kalau salah sebut artinya berbeda.

Penyebutan ‘cat’ adalah bunyi ‘k’ diikuti bunyi ‘a’ singkat yang mana mulut lebih terbuka, dan diakhiri dengan bunyi ‘t’. Sedangkan pelafalan bunyi ‘cut’ dimulai dengan bunyi ‘k’, diikuti dengan bunyi ‘a’ pendek yang lebih bulat dan diakhir dengan bunyi ‘t’.

Bunyi A atau a yang ketiga bisa sahabat temukan di kata – kata seperti car, far, father, hard dan lain – lain. Bunyi a di kata – kata di atas adalah bunyi a yang bulat dan panjang. Simbol bunyi ini adalah a:.

Cara menyebut car diawali dengan bunyi ‘k’, diikuti dengan bunyi ‘a’ yang bulat panjang dan diakhiri dengan bunyi r (khusus untuk pelafalan aksen Amerika).

Bunyi berikut adalah bunyi i. Bunyi ini secara umum dibagi ke dalam dua bunyi yakni, bunyi i pendek seperti yang ada di pick, lip, fit, ship dan lain – lain. Sedangkan bunyi i yang panjang ada di kata – kata seperti peak, leap, feet, sheep dan lain – lain. Anda bisa lihat bahwa hanya dengan perbedaan yang tidak terlalu menonjol tapi bunyinya berbeda.

Contoh: bunyi pick diawali dengan bunyi ‘p’, diikuti dengan bunyi ‘i’ pendek dan diakhiri dengan bunyi ‘k’. Sedangkan bunyi peak diawali dengan bunyi ‘p’, diikuti dengan bunyi ‘i’ panjang (ini simbolnya i:) dan diakhiri dengan bunyi ‘k’.

Ada banyak bunyi lain yang belum sempat aku jelaskan di artikel Baca Bahasa Inggris ini. Akan tetapi, aku punya solusi yang lain yang lebih membantu  yang ingin aku rekomendasikan untuk Anda.

Solusi yang ingin aku tawarkan adalah belajar tentang pronunciation atau pelafalan langsung dari seorang bule yang ada di sebuah komunitas bahasa Inggris yang satu ini. Sahabat bisa mengakses situs mereka sekarang juga dengan cara klik link ini: Klik link ini untuk akses pronunciation dan komunitas bahasa InggrisTersedia DISKON 85% dan berbagai keuntungan di sana. Klik ini. . 

Keterangan Video Artikel Baca Bahasa Inggris : Di atas adalah salah satu video yang diajarkan di komunitas mereka. 

Di situs ini, sahabat tidak hanya akan belajar tentang pronunciation, tetapi juga tentang tips dan triks berbicara seperti orang bule. Ditambah lagi dengan pelajaran tentang grammar, analisa film dan lain – lain.

Akan tetapi, sahabat tidak usah merasa takut karena mungkin sahabat berpikir bahwa akses ke komunitas ini mahal. Saat ini mereka sediakan diskon terbesar sejauh ini yakni, diskon 85%. Dengan adanya diskon ini, sahabat hanya akan membayar Rp. 150.000/ bulan. Sangat murah kan? Bahkan jika sahabat akses situs mereka melalui link di atas dan daftar, sahabat akan mendapat diskon 85% seumur hidup. Diskon ini terbatas. Jadi, aku sarankan sahabat untuk segera klik link di atas dapatkan berbagai info menarik tentang berbagai promo dan lain – lainnya di situs mereka.

Ada banyak keuntungan lain yang akan sahabat dapatkan di komunitas mereka seperti sahabat akan dimasukkan ke dalam grup WA dan FB mereka untuk dibimbing secara lanjut dan untuk berbicara bahasa Inggris setiap hari dengan para tutor dan para peserta lainnya.

Selain itu, sahabat akan dibimbing secara gratis seumur hidup, ada sertifikat pula, ada tutor lokal yang berpengalaman kuliah di luar negeri dan berbagai keuntungan lainnya.

Jadi, menurut hematku, komunitas ini sangat cocok untuk para sahabat sekalian. Para tutor di sana pun sangat – sangat ramah dan membantu para sahabat untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar dalam waktu yang singkat.

Jadi, sekali lagi aku sarankan para sahabat untuk segera klik link di atas dan klaim berbagai keuntungan dan promo menarik di situs mereka.

Good luck.

Categorised in:

Comment Closed: Cara Baca Bahasa Inggris

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!