Menu Click to open Menus
Home » 22 » Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

(494 Views) July 20, 2019 4:21 pm | Published by | Comments Off on Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat.

Adakah dari kita yang cukup familiar dengan kata lingua franca? Lingua Franca berasal dari Bahasa latin yang artinya ‘Bahasa Bangsa Franka’. Ini adalah sebuah istilah linguistik yang artinya bahasa pengantar atau bahasa pergaulan di suatu tempat.

Nah, berhubungan dengan itu, bahasa Inggris sekarang dikenal sebagai Lingua Franca karena bahasa Inggris telah menjadi Bahasa International.  Bahasa yang dipakai di berbagai negara dalam berbagai urusan terutama urusan – urusan yang melibatkan orang dari berbagai negara.

Di Indonesia sendiri, selain dipakai di tempat wisata dan tempat – tempat yang khalayak ramai (yang sering dikunjungi orang dari berbagai negara), Bahasa Inggris juga dipakai di tempat kerja. Kita tahu bahwa sekarang tidak hanya perusahaan multinasional yang mensyaratkan calon karyawannya untuk berbahasa Inggris tetapi juga perusahaan nasional. Sering dalam interview, si interviewer (HDR) menggunakan Bahasa Inggris untuk mengetes kecakapan Bahasa Inggris calon karyawannya. Apalagi calon karyawannya dibutuhkan untuk menempati posisi – posisi tinggi dalam perusahaan. Biasanya mereka diwajibkan untuk lancar Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan CepatKeterangan Foto Artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat: Bahasa Inggris sangat penting dalam membangun karir dan bisnis.

Kita juga bisa melihat bahwa saat ini banyak perusahaan lokal baik kecil maupun besar mulai menggunakan Bahasa Inggris dalam aplikasi dan website mereka. Contoh kasus: Aplikasi Gojek dan Situs Traveloka.

Ini sebenarnya mau menceritakan kepada kita bahwa kebutuhan akan skill berbahasa Inggris makin tinggi. Aku sendiri telah mendengar banyak cerita tentang ‘tidak diterimanya calon karyawan’ yang tidak memiliki skill berbahasa Inggris. Atau pemecatan karyawan yang tidak memiliki skill Bahasa Inggris ketika perusahaan melakukan perampingan. Ada juga banyak kisah, calon karyawan yang bisa Bahasa Inggris diterimanya dengan gaji yang lebih tinggi dan bahkan mudah sekali dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi dan lain – lain.

Itu adalah beberapa dari sekian banyak kisah yang sebenarnya menceritakan kepada kita bahwa skill berbahasa Inggris sangat penting di zaman sekarang. Dan tak terbayangkan nanti di era pasar bebas ke depannya.

Dan atas pendasaran banyak fakta yang kita sering temui, aku sarankan para sahabat semua untuk segera miliki skill berbahasa Inggris. Segera pelajari skill – skill penting yang dibutuhkan untuk lancar berbahasa Inggris baik secara lisan maupun secara tertulis.

Dan sangat beruntungnya engkau, wahai sahabatku. Di artikel yang berjudul Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat ini, aku ingin berbagi tips – tips praktis cara cepat belajar Bahasa Inggris. Dan langsung saja, mari kita mulai dari tips nomor 1.

 

  1. Belajar dari materi yang paling gampang dan yang kita jumpai sehari-hari.

Salah satu hal penting dalam belajar Bahasa Inggris adalah mengetahui level atau kemampuan bahasa Inggris sahabat sendiri. Ini sangat penting karena dengan mengetahui kemampuan sahabat, sahabat akan mudah mempelajari skill – skill yang dibutuhkan. Atau jika aku mau sederhanakan pemahaman ini, sahabat bayangkan saja kemampuan Bahasa Inggris Anda saat ini seperti penyakit. Jika sahabat tidak mampu mendiagnosa penyakit apakah yang sahabat idap, tentu akan susah untuk mengobatinya.

Jadi, penting untuk mengetahui level Bahasa Inggris sahabat. Karena dengan mengetahui itu, sahabat akan mudah mengejar yang tertinggal dan mudah menyesuaikan diri.

Sebagai contoh: misalnya kalau sahabat sekarang berada pada level paling dasar. Maka sahabat  harus segera mulai belajar dari materi yang paling dasar seperti alphabet, menghitung dan seterusnya.

Dan jika sahabat berada pada level Bahasa Inggris dasar, aku sarankan sahabat untuk mulai belajar dari kosakata yang paling dasar, yang paling sering kita jumpai di sekitar kita. Contoh: hal – hal dasar di kantor, rumah, perjalanan dan lain – lain. Dan jangan gengsi atau minder akan hal itu. Itu normal. Mau belajar sesuatu, memang kita harus belajar dari yang dasar banget. Jika sahabat tidak bisa memahami yang dasar, bagaimana sahabat bisa memahami yang kompleks?

Bahasa Inggris Untuk PemulaKeterangan Foto Artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat: Sebaiknya mulai dari dasar.

 

  1. Melafalkan kosa kata dengan benar lalu mencoba untuk mempraktikkan atau menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat.

Di tips ini, aku meminta para sahabat untuk tidak menghafalkan kosakata yang ada. Namun, yang aku minta adalah melafalkan kata tersebut secara berkali – kali sampai benar dan tepat lalu pakai kosakata itu untuk membuat kalimat.

Jika sahabat sering lupa, aku menyarankan sahabat untuk menuliskan kosakata – kosakata yang ada pada sticky notes (beserta arti dan contoh kalimatnya) dan tempelkan pada dinding atau tempat di mana sahabat sering liat. Misalnya di samping cermin. Sehingga ketika sahabat bercermin  sahabat akan melihat kosakata tersebut dan akan lebih mudah untuk mengingatnya.

 

  1. Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dengan memperkuat Listening Skill Anda. Berlatih untuk mendengar!

Anda pasti lebih suka untuk menonton film Hollywood atau film berbahasa Inggris. Nah, itu keuntungannya. Anda bisa berbicara bahasa Inggris hanya dengan menonton film. Yang aku mau sarankan adalah ketika sahabat menonton sebuah film, sahabat bisa turn on English subtitlenya. Ini membantu otak untuk mengumpulkan banyak kosakata dan bagaimana orang bule mengucapkan kata – kata yang ada.

Note: saat nonton, aku sarankan para sahabat untuk dengarkan dengan seksama pengucapan para actor dan actress movie tersebut. Hal ini untuk melatih pendengaran anda.

Selain menonton film, sahabat juga bisa mendengarkan lagu – lagu yang berbahasa Inggris. Sahabat mendengarkan lagu tersebut dengan seksama sambal memperhatikan liriknya dan kemudian, menyanyi bersama sang penyanyi lagu tersebut.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan mudahKeterangan Foto Artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat: Menyanyi mengikuti penyanyi barat sangat membantu untuk speaking + listening skills.

Ini akan memudahkan anda untuk terbiasa mengucapka kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Setelah itu, apabila ada kosa kata baru dan sulit dari lirik lagu tersebut sahabat bisa mencari artinya di kamus baik offline maupun online. Aku sarankan untuk menggunakan kamus Inggris – Inggris bukan Inggris – Indonesia. Kenapa? Karena ini akan melatih pemahaman anda akan arti dari kosa kata tersebut dalam Bahasa Inggris. Jadi, suatu saat ketika sahabat mulai berbicara dengan lancar, sahabat tidak lagi menerjemahkan kalimat atau kosakata tersebut dalam benakmu.

  1. Membaca buku – buku yang berbahasa Inggris.

Budaya membaca di Indonesia memang  lemah. Menurut para peneliti, minat pembaca di Indonesia adalah sangat kecil. Orang Indonesia tidak bertahan lama dalam membaca informasi atau berita yang terlalu panjang. Membaca hardcopy mungkin sangat melelahkan bagi kebanyakan orang. Namun, dengan membaca banyak orang mengetahui banyak perbendaharaan kata. Dengan membaca buku Inggris seperti novel, artikel dan lain sebagainya akan sangat membantu pemahaman bahasa Inggris anda. Anda juga tentunya akan lebih lancar dalam mengucapkan kata-kata Inggris karena setiap hari anda bertemu dengan kalimat bahasa Inggris.

Atau jika sahabat mudah bosan, akan lebih mudah dan tidak membosankan, jika sahabat membaca buku bacaan bahasa Inggris yang memiliki gambar. Membaca buku bahasa Inggris yang bergambar akan memampukan sahabat sekalian untuk bisa menangkap arti dari sebuah cerita/ tulisan dengan cepat.

  1. Cara lain untuk cepat berbicara bahasa Inggris adalah dengan melakukan latihan berbicara dalam bahasa Inggris.

Cara yang paling mujarab untuk cepat berbicara dalam bahasa Inggris adalah dengan berani berbicara dengan bahasa Inggris. Kata orang Timur; salah benar, hantam! Mungkin sahabat pernah berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris, tapi satu hal yang mau aku tanyakan di sini adalah ketika sahabat berbicara dalam bahasa Inggris,  apakah sahabat menerjemahkan kata-katanya dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris terlebih dahulu atau secara natural pembicaraan anda dalam Bahasa Inggris? Apabila jawabannya adalah sahabat menerjemahkan dari Bahasa Indonesia terlebih dahulu, maka aku sarankan sahabat untuk sebaiknya menggantikan metode tersebut. Mengapa? Karena metode terjemahan atau translation method kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris sahabat (dalam hal ini untuk meningkatkan English fluency). Selain itu, respon sahabat juga akan menjadi lama. Kenapa? Karena kamu harus menerjemahkan terlebih dahulu, baru memberi respon. Cara ini akan membuat anda kaku dan tidak natural.

Kursus Bahasa Inggris Untuk Pemula
Keterangan Foto Artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat: Latihan bicara bahasa Inggris sangat membantu.

  1. Berlatih menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Menuangkan sebuah ide dalam sebuah tulisan memang tidak mudah dan agak sulit terutama bagi anda yang tidak suka menulis. Nah, apabila sahabat menemukan kesulitan mau nulis apa, coba tips aku yang satu ini.

Tips yang ingin aku tawarkan adalah menulis kreatif. Maksudku: sahabat menulis apa saja yang sahabat inginkan atau menulis tentang hobi anda. Misalnya kalau sahabat suka menulis cerpen tentang travelling, sahabat sebaiknya menulis dalam bahasa Inggris. Atau sahabat mungkin menulis kalimat-kalimat sederhana dan menceritakan pengalaman atau kegiatan harian anda.  Jangan takut dengan grammar. Karena dengan semakin tinggi jam terbangmu dalam berbahasa Inggris, sahabat akan semakin bagus grammarnya.

Dengan berlatih menulis juga, sahabat akan terlatih untuk mengingat kosakata baru dengan cepat.

  1. Bergaul dengan orang-orang yang bisa berbicara bahasa Inggris.

Cara lain untuk cepat berbahasa asing adalah mendekatkan diri dengan mereka yang bisa berbicara bahasa Inggris. Mengapa? Karena ketika kita mendekatkan diri dengan mereka yang telah lancar dalam Bahasa Inggris, kita akan termotivasi untuk berbicara Bahasa Inggris dengan mereka. Apalagi setiap hari.

Dengan mendekatkan diri dengan orang-orang yang bisa bicara bahasa inggris, kita akan cepat bisa Bahasa Inggris.

  1. Memiliki niat dan motivasi yang tinggi untuk berbicara bahasa asing

Ini sebenarnya bukan tips tapi lebih ke membangun mental. Ini penting karena ketika sahabat belajar Bahasa Inggris, akan ada tantangan – tantangan seperti bosan dan lain – lain. Akan tetapi, jika sahabat memiliki niat dan motivasi yang tinggi, semuanya itu tidak ada artinya. Sahabat akan mudah untuk mengatasi berbagai macam tantangan yang ada. Apalagi sahabat punya tujuan dan goal yang terdefinisikan dengan jelas. Itu akan menguatkan sahabat untuk menghancurkan berbagai tantangan yang ada.

9. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris yang terpercaya

Cara – cara di atas tentunya ampuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para sahabat. Akan tetapi, jika sahabat ingin bisa berbahasa Inggris dengan cepat, tepat dan benar, aku sarankan sahabat untuk ikut kursus bahasa Inggris juga, sambil mempraktekkan tips – tips di atas.

Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris, para sahabat tidak hanya akan mendapatkan pelajaran – pelajaran yang berkualitas, tetapi juga akan mendapatkan bimbingan penuh dari tutor Anda. Ini akan semakin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cepat. Karena setiap kali sahabat punya pertanyaan, sahabat bisa tanyakan langsung kepada mentor atau tutor Anda.

Selain itu dengan Kursus Bahasa Inggris, di bawah bimbingan para tutormu, sahabat akan lebih mudah mengetahui kemampuan bahasa Inggris Anda. Dengan demikian, mereka akan dengan mudah membantu para sahabat mempelajari skill – skill penting untuk cepat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Sesuai pengalamanku, aku yakin Kursus Bahasa Inggris akan 10X lebih powerful atau dahsyat dalam membantu para sahabat ketimbang para sahabat belajar sendiri.

Dan untuk Kursus Bahasa Inggris, aku mau merekomendasikan komunitas belajar ini khusus untuk para sahabat sekalian. Kebetulan saat ini, mereka punya program menarik yang sedang ditawarkan.

Kursus Bahasa Inggris yang ingin aku rekomendasikan adalah Kursus Bahasa Inggris Online Rumah Belajar AhundrEd. Informasi mengenai kursus ini, bisa sahabat akses dengan cara klik link ini. Untuk Informasi Tentang Kursus  Secara Detail, Klik Link Ini.

Belajar bahasa Inggris online berkualitasKeterangan Foto Artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat: tampilan depan situs mereka.

Komunitas belajar ini aku rekomendasikan karena di sana tersedia tutor bule (Amerika dan Inggris) dan tutor lokal yang berpengalaman di luar negeri. Jadi pasti akan terbantu banget. Selain itu, tersedia ratusan pelajaran menarik mulai dari pengenalan kemampuan bahasa Inggris Anda, pronunciation, kosakata, grammar, analisa film dan tips dan tricks berbicara bahasa Inggris seperti Bule. Tersedia juga komunitas WA dan FB yang dibimbing langsung oleh para tutor, ada sertifikat, service dibimbing secara gratis seumur hidup dan yang terakhir ini adalah berita gembira.

Bahwa TERSEDIA DISKON 85% khusus untuk para sahabat hari ini. Dengan diskon besar ini, sahabat hanya akan membayar Rp. 150.000/ bulan untuk service yang sangat wonderful ini. Dan yang menariknya adalah jika saat ini, sahabat klik link di atas dan bergabung, sahabat akan mendapat diskon ini seumur hidup. Jadi, meskipun harganya berubah, sahabat akan tetap membayar nilai yang sama yakni cuma Rp. 150.000/ bulan. Sangat terjangkau kan?

Dan sekali lagi klik link di atas untuk mengklaim promo menarik di sana dan good luck. Jangan sampai orang lain merebut kesempatan ini lebih duluan ketimbang sahabat. So, click the link above and once again, good luck.

Tag: Belajar Bahasa Inggris
Written by Jefrianus Allen
.

Categorised in:

Comment Closed: Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!