Menu Click to open Menus
Home » 6 » Cara Menjadi Orang Sukses

Cara Menjadi Orang Sukses

(925 Views) June 25, 2019 11:06 am | Published by | Comments Off on Cara Menjadi Orang Sukses

Cara Menjadi Orang Sukses.

Hi. Selamat datang di websiteku bonefasiusfalo.com dan juga di channel youtubeku : Bonefasius Falo. Sahabat juga bisa mengikuti berbagai konten menarik di instagramku : @BoniFalo dan halaman facebookku : Bonefasius Falo. Karena sering banyak konten yang tinggi value-nya yang muncul secara spontan, tidak sempat aku tuliskan di situs ku ini ataupun tidak sempat aku rekam tuk post di channel youtubeku. Jadi, alangkah bagusnya, sahabat mengikuti semuanya, supaya sahabatlah yang menjadi orang pertama untuk mendapatkan berbagai konten menarik dan sangat bernilai secara free.

Anyway, let’s get back to the track.

Bahwa hari ini, aku mau berbagi dengan para sahabat mengenai satu hal yang menjadi fondasi dari berbagai sumber kekayaan baik kekayaan material (duit dan lain – lainnya), kekayaan emosional (me-manage perasaan sahabat secara benar dan tepat), dan kekayaan spiritual.

Jika sahabat mau kaya secara materi, satu hal ini-lah yang menjadi fondasinya. Sahabat mau mendapatkan kekayaan emosional, satu hal ini akan membukakan jalannya. Sahabat mau kaya secara spiritual, hal ini perlu sahabat tahu.

Apakah itu?

BELAJAR.

“Belajar?” sahabat boleh bertanya.

Iya betul. Belajar. Atau jika sahabat lebih familiar dengan bahasa Inggris maka belajar itu LEARN atau STUDY.

Nah, untuk menguatkan hypothesis saya di atas, (bahwa Belajar, Sumber Berbagai Kekayaan), aku mau berbagi dengan sahabat sebuah kisahku 4 tahun yang silam.

Bahwa 4 tahun yang lalu ketika aku pulang dari Filipina, aku bertekad untuk merantau ke Jakarta. (Sahabat bisa juga membaca sedikit kisah hidupku di artikel singkat ini : Tentang Boni Falo).

Namun, jika sahabat kenal aku 4 tahun yang lalu, I was nobody. Aku bukan siapa – siapa. Ketika tiba di Jakarta, aku hanya punya uang sebesar Rp. 1.500.000. Karena waktu itu, aku tertarik dengan sebuah model bisnis MLM (namanya Frontrow, yang sangat terkenal sampai hari ini di Filipina), akupun berniat menjalankan bisnis tersebut. So, dengan uang Rp. 1,5 juta tersebut, akupun membeli sebuah HP OPPO kecil senilai Rp. 1.300.000. Tujuan dari HP tersebut adalah untuk dipakai saat presentasi. Singkat cerita Rp. 1.3 jt tertukar jadi sebuah hp, Rp. 100 ribu tuk transportasi ke ITC Cempaka Mas, dan Rp. 100 ribu untuk makan, pulsa dll. Selesai lah sudah hidupku. hehehe

Hari – hari berikutnya, sering dengan perut kosong, aku tetap semangat presentasi. Ada yang closing, kebanyakan tidak. Tapi aku tetap semangat presentasi ke siapa saja. Sampai suatu hari, I got nothing to eat, nowhere to go. Aku ngak punya makanan untuk makan sama sekali. Nothing was there. Dan temanku, tempat aku numpang, pindah kos ke mes tempat kerjanya.

Dalam hatiku, habislah aku. Ngak punya uang, ngak punya makanan, ngak punya tempat tinggal.

Sering aku merasa lapar sampai badanku menggigil. Bahkan pernah tidur di trotoar karena lapar dan capek.

Nangis sendiri di tempat tersembunyi supaya ngak kelihatan.

Suatu saat, seorang temanku menawarkan aku sebuah peluang untuk mengajar. Tanpa berpikir panjang, I said YES. Tapi dia bilang, ini mengajar Matematika untuk murid sekolah internasional. Sekali lagi aku bilang, YES. Aku siap. Maka, kemudian kami buat appointment tuk ketemu dengan pemiliknya.

Sesudah bertemu, aku pun mengikuti tes. Waktu ikut tes, aku sepertinya hanya benar 1 dari 5 nomor atau bahkan tidak benar sama sekali. “F***k. I failed”.

Tetapi aku tidak berhenti di situ. Berhubung mereka butuh guru, akupun bilang, “Berikan aku waktu untuk review semua pelajaran Matematika ku dulu. Aku yakin, aku bisa. Give me some time.” Singkat cerita dia mau.

Kebetulan saat itu, para murid libur. Jadi, Aku punya 1 bulan penuh untuk mempersiapkan diri. Setiap hari, aku belajar secara intensif ilmu Matematika. Bermodalkan keberanian ku bahwa dulu waktu SD – SMA, aku selalu dapat 80 – 100 di Matematika, aku paksakan diri untuk belajar. Aku pelajari setiap kata yang ada, setiap perhitungan yang ada, bahkan ratusan hingga ribuan nomor latihan Matematika di sana, aku kerjakan.

Tujuanku hanya satu, yakni untuk merebut kesempatan mengajar di sana dan redeem myself.

Singkat cerita, sesudah sebulan belajar secara intensif, akupun bisa mengajar Matematika. Aku pun kemudian diberi masa percobaan mengajar selama 3 bulan TANPA GAJI. Do I give up? No Way. Ngak mungkin aku mau menyerah hanya karena tidak digaji 3 bulan.

Aku tetap mengajar. (Kebetulan saat itu, mereka bilang aku bisa makan di tempat mereka dan tidur di tempat mereka pula).

Karena performanceku mengaggumkan, sesudah 2 bulan mengajar, kepala bimbel tersebut memanggilku dan mau memberiku gaji.

Ayo tebak! Berapa gajiku? Give it a shot. 

Ayo Berapa?

Rp. 3 juta?

4 juta?

atau 5 juta?

atau 10 juta?

Hmmm, sahabat pasti berpikir gajiku tinggi kan?

Sahabat siap untuk tahu berapa gajiku?

Rp. 10.000 / murid.

WTF!

“Serius lo? Lo digaji Rp. 10 RIBU per murid? Berapa murid per kelas?” Sahabat bisa bertanya.

Iya benar. waktu itu gajiku Rp. 10.000 per murid. Karena sistem belajarnya privat dan semiprivat, sekelas bisa 1 orang atau 3 orang.

Tapi apakah aku harus meninggalkan pekerjaan itu? Jawabanku saat itu adalah “NO. I’ve got nothing to eat, nowhere to go”. Intinya, kalau ninggalin tempat tersebut, Aku tidak akan makan lagi, dan tidak punya tempat tinggal lagi.

Namun, yang aku syukurkan sampai hari ini adalah aku tidak pernah berhenti belajar ketika mendengar bahwa gajiku cuma Rp. 10 ribu / per murid. Termasuk ketika pemilik bimbel tersebut membalikkan fakta bahwa yang dia bilang sebelumnya adalah Rp. 10 ribu / kelas. Bukan Rp. 10 ribu / murid. Ini tentunya semakin mengurangi rejekiku.

Tidak hanya sampai di situ, sesudah 1 tahun beberapa bulan mengajar mereka semakin berlaku tidak adil sampai aku tidak dibayar sama sekali.

Akan tetapi yang menariknya adalah justru ketika dia tidak mau membayar aku atas kinerjaku, aku semakin hari semakin belajar. Bukan hanya Matematika, tetapi ilmu komunikasi, ilmu psikologi, ilmu Filsafat hingga aku jatuh cinta dengan ilmu bisnis.

Salah satu buku yang aku baca sampai selesai dan sangat menginspirasiku adalah RICH DAD POOR DAD. Itupun yang aku baca adalah ebook PDF gratis yang aku dapatkan dari internet.

Investasi Terbesar Dalam Hidup

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Foto Buku Rich Dad Poor. Buku ini aku beli dan kuhadiahkan kopian lainnya ke semua saudara/i ku.

Setiap malam ketimbang mengeluh akan nasib hidupku yang terpuruk, aku membaca buku, belajar dari youtube, baca artikel di situs – situs dan mencoba merefleksikan semuanya itu.

Dan hasilnya adalah kemudian aku punya ilmu. Maka langkah selanjutnya adalah aku mau keluar dari bimbel tersebut. Mengapa? Karena aku semakin dimanfaatkan di sana. Jam terbangku makin tinggi, banyak murid yang makin mencintaiku karena ilmuku, tetapi aku tidak dibayar. Maka singkat cerita, sesudah 1 tahun 4 bulan mengajar, aku keluar dari bimbel tersebut.

Ketika aku keluar dari sana dan tidak mengajar lagi, tiba – tiba aku ditelpon oleh orang tua murid. “Pagi kak. Kok ngak ngajar lagi ya di bimbel Pondok Indah? Anakku suka loh cara mengajarnya Kak Boni. Dia bahkan dulunya yang tidak bisa Math sama sekali, sekarang nilainya berkembang drastis sampai dapat A. Sekarang anakku tidak mau ke bimbel itu lagi karena Kak Boni tidak ada lagi di sana. Boleh aku minta kamu ajarin dia aja di rumah?”

Dengan penuh semangat, aku katakan YES. Mulai dari situ, makin banyak murid yang mau belajar denganku, sampai aku bisa menyewa ruko dan punya bimbel sendiri.

Dari uang yang aku hasilkan kemudian, aku bisa bantu diri sendiri, keluarga, karyawan, teman – teman, hingga orang lain yang aku tidak kenal.

Dan begitu cerita singkat hidup dan perjuanganku.

Cara Menjadi Orang Sukses

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Fotoku, Boni Falo.

Nah, seperti yang sahabat lihat bahwa memang banyak sekali prinsip hidup yang bisa sahabat ambil dari kisah hidupku di atas. Akan tetapi yang aku mau bagikan adalah bahwa satu prinsip yang mengubah hidupku dari nol menjadi hidup yang layak dijalankan yakni, KEMAUANKU YANG SANGAT BESAR UNTUK BELAJAR terlepas dari berbagai situasi hidup yang kurang menguntungkan.

Bahkan pernah aku buat status bahwa my biggest passion in life is “Learn as much as possible, Learn as fast as possible.”

Jadi, sahabat bisa lihat sendiri bahwa hanya keinginanku untuk belajar dan belajar itulah yang mengubah hidupku dari orang yang kelaparan dan tidur di trotoar, menangis di sudut kamar atau jalan, tidak punya apa – apa, menjadi seorang yang sekarang paling kurang bisa makan dari uang sendiri, bisa membeli motor senilai Rp. 17 jutaan cash tanpa kredit belum termasuk atribut – atributnya, bisa membeli laptop senilai Rp. 23 jutaan cash tanpa kredit, sewa ruko puluhan juta, menyekolahkan adikku sampai hampir wisuda, menghidupi keluarga orang tua, membantu banyak teman yang kesusahan, membantu karyawan hingga membantu orang yang tidak dikenal dan lain – lain. Semuanya itu bisa take place (terjadi) karena aku rela menggunakan waktuku dengan bijaksana tuk belajar secara serius.

Bagiku tidak ada kata kerja lain di dunia ini yang lebih powerful ketimbang kata BELAJAR. BELAJAR adalah fondasi berbagai kekayaan.

Sahabat mau uang? Belajar sebuah skill dan gunakan skill tersebut untuk mencetak uang. Jangan mengeluh. Jangan menyerah. Meskipun sahabat tidak suka belajar, paksakan diri sahabat. Belajar sebanyak mungkin, belajar secepat mungkin, sehingga semakin banyak uang pun yang masuk dengan cepat.

Sahabat mau kaya secara emosional? Belajarlah cara me-manage emosi sahabat. Sahabat bisa belajar dari buku, seminar – seminar, baca artikel – artikel bermanfaat, dengarkan orang – orang yang hebat di youtube, bertanya kepada orang yang sahabat anggap ahli.

Sahabat mau kaya secara spiritual? Belajarlah dari orang yang hebat di situ, baca buku, ikuti seminar dll.

Jadi, kuncinya adalah BELAJAR. Sekali lagi, BELAJAR. Sekali lagi, BELAJAR.

BELAJAR. BELAJAR. BELAJAR.

Jika sahabat mau lebih hebat dari sekarang, BELAJAR. Jika sahabat mau lebih terkenal, BELAJAR. Jika sahabat mau, lebih menginspirasi, BELAJAR. Bahkan untuk temukan passion Anda sekalipun, sahabat sebaiknya BELAJAR.

Sekali lagi, kuncinya adalah ……..

BELAJAR.

Atau seperti kata Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia di abad ini. “The best investment you can make is an investment in yourself… The more you learn, the more you’ll earn“. Artinya Investasi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah investasi terhadap diri Anda sendiri … Semakin banyak/ sering Anda belajar, semakin banyak yang akan Anda hasilkan (uang).

 

Cara Menjadi Orang Sukses: Belajar

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Kata Bijak Warren Buffett.

Di atas adalah nasihat salah satu orang terkaya di dunia. Beliau bahkan pernah mengatakan bahwa setiap hari beliau membaca 500 halaman entah majalah, koran, investament paper, analisa paper yang lain, buku dan lain – lain.

Bill Gates aja pernah mengatakan ke mana saja beliau pergi, beliau selalu bawa 5 buku untuk dibacanya. Beliau sempat bercerita bahwa, buku yang tidak bagus sekalipun, beliau baca. Meskipun beliau katanya, sering kesal dengan penulis yang kurang menarik baginya.

Buku - buku yang menginsipirasi Bill Gates

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : 5 buku penting Bill Gates.

Begitupun Richard Branson, pemilik perusahaan Virgin yang membawahi ratusan anak perusahaan. Beliau adalah pembelajar yang hebat.

Richard Branson Seorang pembelajar yang hebat

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Richard Branson sedang membaca bukunya.

Patrick Bet David, seorang Entrepreneur yang menjadi CEO sebuah perusahaan asuransi yang maju sangat pesat di US. Beliau bercerita bahwa beliau telah membaca lebih dari 1.500 buku.

Patrick Bet David Membaca 1.500 buku

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Buku – buku Patrick Bet David di kantornya.

Elon Musk, pemilik Tesla dan SpaceX. Beliau bercerita bahwa hampir semua buku Fisika telah dibacanya.

Elon Musk sarankan 5 buku ini untuk dibaca

Keterangan Foto Artikel Cara Menjadi Orang Sukses : Elon Musk sarankan setiap orang untuk belajar dan kerja keras.

Jadi, sekarang sahabat perhatikan patternnya. Orang – orang hebat di dunia, para pemimpin di berbagai industri, sebelumnya dan sekarang adalah pembelajar yang keras. Bagi mereka, sukses tidak datang dengan sendirinya. Anda harus menjemput sukses. Caranya bagaimana? Belajar.

Ada banyak contoh orang – orang hebat yang adalah pembelajar. Sahabat bisa cek biografi mereka masing – masing. Sahabat akan menemukan bahwa mereka sebelumnya adalah pembelajar, sekarang pun adalah pembelajar.

Untuk mendapatkan kesuksesan, sahabat harus belajar. Dan untuk tetap berada di puncak sukses, sahabat harus tetap belajar.

Bahkan kata Michelangelo (seorang pelukis ternama di Italia) di usianya yang ke 87, “I’m still learning” (Aku masih belajar).

Nah, jika orang – orang hebat seperti mereka belajar terus mulai dari nobody sampai meskipun telah hebat, what is your excuse? Apa alasanmu untuk tidak belajar?

“Orang hebat aja belajar, apalagi aku yang sama sekali masih nobody”, kataku ketika agak malas belajar.

Jadi, sekali lagi, sahabat mau menjadi orang hebat, kaya (dalam hal apa saja, tidak harus dalam bentuk materi), inspirator, pemimpin dan lebih baik dari sekarang? SAHABAT WAJIB BELAJAR. Tidak ada kata lain selain BELAJAR.

Dan di era digital maupun nanti MEA, persaingan akan semakin ketat. Persaingan terjadi bukan hanya di antara perusahaan tetapi individu. Jika sahabat tidak standout (muncul) sebagai orang No. 1 di bidangnya, sahabat akan tersingkirkan. Jadi, sekali lagi nasihatku adalah sahabat harus belajar.

Pick up a skill and learn it. Pilih salah satu skill dan pelajari. Pelajari dengan dalam, maka suatu saat, sahabat akan menjadi orang yang unggul dalam skill tersebut. Ketika sahabat unggul dalam skill tersebut, maka sudah pastinya sahabat akan dipakai di mana – mana. Bahkan sahabat – lah yang diunggulkan dalam persaingan pasar. Jadi, sekali lagi pick up a skill and learn it.

Sahabat bisa pilih skill Marketing, komunikasi, menjual, dan lain – lain. Bahkan menurutku, salah satu skill yang akan sangat terpakai dalam kehidupan di era MEA dan digital ini adalah SKILL BERBAHASA INGGRIS. Sahabat bisa belajar bahasa Inggris baik secara online maupun offline. Di era MEA nanti, skill berbahasa Inggris akan sangat terpakai dalam berbagai aspek. Buat apa saja, bahasa Inggris akan menjadi media utamanya. Jadi, nasihatku adalah sahabat bisa memilih bahasa Inggris sebagai salah satu skill yang harus sahabat kuasai.

Dengan skill berbahasa Inggris, sahabat bisa belajar berbagai skill lainnya dari berbagai orang di dunia ini tanpa batas. Bagi sahabat – sahabat yang ingin mengembangkan skill berbahasa Inggris, sahabat bisa klik link ini dan pelajari selengkapnya di sana, berhubung saat ini mereka punya banyak promo menarik dan diskon besar di sana. Go Check it out : Kursus Bahasa Inggris Online RUMAH BELAJAR AHUNDRED.

Dan begitu saja dulu sahabat! Supaya artikel ini ngak terlalu panjang, aku sharing sampai sini saja dulu ya. Kunci dari pembicaraan kita hari ini adalah SAHABAT HARUS MENINGKATKAN MINAT UNTUK BELAJAR DAN BELAJAR. BELAJARLAH DENGAN SUNGGUH – SUNGGUH SAMPAI BETUL – BETUL UNGGUL DALAM BIDANGNYA. DENGAN DEMIKIAN, SAHABAT AKAN TERPAKAI DI MANA – MANA.

Atau seperti kata Antony J D’Angelo, “Develop a passion for learning. If you do, you will never cease to grow” (Kembangkan hasrat untuk belajar. Jika Anda melakukannya, Anda tidak akan pernah berhenti tumbuh).

Knowledge is power, my friend.

Latihan untuk sahabat:

  1. Tentukan sebuah skill yang ingin sahabat pelajari dalam 1 semester atau 1 tahun ke depan.
  2. Rencanakan cara sahabat akan menguasai skill tersebut.
  3. Realisasikan.

Sahabat bisa DM aku di IG pribadiku : @BoniFalo and let’s see if I can help you out. Love you guys.

Para sahabat juga bisa menonton lebih lengkap semua kisahku dan bagaimana kemauanku yang besar untuk belajar bisa mengubah hidupku di video di bawah ini. Sahabat akan menemukan lebih lengkap, inti pembicaraan kita hari ini.

Keterangan Video Cara Menjadi Orang Sukses : Penjelasan lengkap tentang khasiat belajar.

Cara Menjadi Orang Sukses.

Categorised in:

Comment Closed: Cara Menjadi Orang Sukses

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!