Menu Click to open Menus
Home » 44 » Filsafat Cina: Cara Menjadi Orang Sukses

Filsafat Cina: Cara Menjadi Orang Sukses

(470 Views) August 3, 2019 8:49 am | Published by | Comments Off on Filsafat Cina: Cara Menjadi Orang Sukses

Filsafat Cina: Cara Menjadi Orang Sukses.

Kemarin sore ketika aku selesai melakukan beberapa aktivitasku, aku sempat ditelpon oleh seorang kakak dari Kefa. Tujuan beliau telpon sih sebenarnya adalah untuk menanyakan harga buku di Jakarta beserta biaya kirimnya.

Akan tetapi, karena keakraban kita, selain kita bicara tentang harga buku dan ongkir, kami sempat saling sharing tentang beberapa pelajaran dan ilmu filsafat praktis yang ingin aku bagikan juga di artikel ini. Aku suka membagikan ilmu ini karena menurutku ini adalah ilmu yang bagus dan patut dibagikan dengan para sahabat sekalian. Sahabat akan belajar dan berkembang 10x lipat jika sahabat betul – betul menguasai dan mempraktekkan ilmu ini.

Filsafat cina cara menjadi orang sukses

Ilmu Filsafat praktis yang ingin aku bagikan dan menjadi perbincangan kami selama telpon adalah ilmu filsafat milik orang Cina yang pada saat yang sama berkesinambungan dengan ilmu filsafat praktis milik orang dawan.

Aku yakin hampir semua kalian semua mendengar prinsip hidup yang satu ini. “Ketika ayam belum bangun untuk mencari makanan, sebaiknya Anda udah bangun lebih duluan untuk mencari makanan. Mengapa? Karena kalau ayam yang bangun duluan, ayam tersebut lah yang akan mematuk habis makananmu dan menyisakan (sisa) untuk kamu.”

Filsafat hidup yang satu ini juga menjadi filsafat hidup para tetua dulu di suku dawan (suku yang berbahasa dawan). Bunyinya, “Le manu fe’ kan fa fen he namim mnahat, ho mfen muhun nai he maem mnahat. Fun nan sa? Karna kalu man ba fe na hun, inan lofa lot naen ho mnah ta be, na oeja ko sisa.”

Sukses mengikuti pola hidup ayam

Nah, seperti yang tadi udah aku katakan bahwa kedua prinsip hidup atau filsafat praktis di atas memiliki kesamaan. Meskipun beda bahasa tetapi menyampaikan maksud yang sama.

Sebenarnya pesan yang ingin disampaikan oleh para tetua kita dahulu (baik dari Cina maupun suku Dawan) adalah bahwa kita harus disiplin dalam hidup. Jangan sampai hewan seperti ayam lebih disiplin daripada kita. Bangun kerja lebih awal, kerja seproduktif mungkin supaya kita bisa sukses dalam hidup.

Ayam kan, bangun tidurnya cepat banget. Ayam berkokok saja jam 3 – jam 4 pagi. (Jika anda pernah atau hidup di kampung, anda akan mengetahui ini). Jam 4:30 – jam 5 jika sekitar kita udah terang (u muti, istilah orang dawan), ayam pasti udah turun dari sarang atau kayu tempat mereka beristirahat untuk mencari makan. Nah, pola hidup ayam yang disiplin dan kerja keras itulah yang diambil maknanya oleh para tetua kita (nae un ini) untuk mengingatkan kita para penerus supaya tidak malas dalam hidup.

Jika kita malas dalam hidup itu mau menandakan bahwa kita itu derajatnya lebih rendah daripada seekor binatang seperti ayam. Itulah yang harus kita hindari dan disiplinkan. Tirulah pola ini maka anda akan sukses suatu saat.

Jika anda perhatikan pola hidup orang – orang sukses dan hebat pun, mereka akan memiliki pola hidup yang sama. Kalau pun ada satu dua orang yang bangun tidur jam 6-8 pagi, mereka selalu menggunakan setiap detik hidup mereka bermakna dan serius. Mereka kerja sekeras dan seoptimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Di Indonesia, salah seorang pengacara yang kaya raya, Hotman Paris, hampir setiap kali beliau berbicara tentang kesuksesan, beliau selalu menekankan tentang kerja sekeras mungkin dan sepagi mungkin. Beliau, katanya, bangun tidur jam 2-3 pagi, dilanjutkan dengan renang pagi atau langsung pada analisa kasus. Beliau kerja 18 jam setiap harinya. Bisa ngak kamu menandinginya? Itulah rahasianya, beliau menjadi salah satu pengacara no 1 di Indonesia dan menjadi salah satu pengacara yang ditakuti hingga di dunia internasional.

Mau jadi sultan atau gusti seperti dia? Tirulah pola hidup ayam.

Good luck dan semoga bermanfaat.

=======================================================================

Sebagai info juga bahwa artikel ini disponsori oleh Kursus Bahasa Inggris Online Rumah Belajar AhundrEd. Mereka saat ini memiliki visi dan misi untuk membantu jutaan orang Indonesia seperti kamu bisa berbahasa Inggris. So, go check out their page cuz they have special offer for you. Cek halaman situs mereka karena mereka ada penawaran menarik untuk Anda. Selain benefit seperti ada tutor bule, tutor lokal, dan dibimbing secara gratis seumur hidup, tersedia DISKON 50 – 90% untuk para sahabat sekalian yang mau masuk melalui link di bawah.

Dan ini linknya. Kursus Bahasa Inggris Online RUMAH BELAJAR AHUNDRED. Good luck and enjoy your English learning process.

Categorised in:

Comment Closed: Filsafat Cina: Cara Menjadi Orang Sukses

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!