Menu Click to open Menus
Home » 35 » Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi

Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi

(256 Views) July 25, 2019 10:38 pm | Published by | Comments Off on Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi

Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi.

Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi.

Malam ini, sesudah makan malam, aku kepengin banget nonton sebuah klip video di youtube sebelum aku kembali melanjutkan aktivitas malamku.

Karena udah lama tidak nonton film perang, aku pun kepengen nonton film perang. Rencanaku cuma hanya nonton 5 menit. Anggap saja istirahatkan otak sesudah melakukan tugas seharian penuh.

Maka aku pun mulai browsing di youtube, mencari film – film perang yang mungkin menarik hati. Ada beberapa film perang yang terpapar di hadapanku. Aku buka satu, namun kurang menarik bagiku. Browsing lagi ke bawah, dan aku temukan sebuah film lagi. Tanpa melihat judulnya, aku pun langsung klik film tersebut dan nonton.

Aku langsung saja nonton menit yang ke dua. Dalam pikiranku, aku mau tahu film apa itu. Dan sesudah 5 menit aku mau berhenti.

Akan tetapi, tepat pada menit tersebut, aku sepertinya disihir oleh cerita film itu. Maka, aku pun lanjut nonton.

Filmnya seru banget. Menegangkan, tapi mengandung pesan – pesan moral yang sangat – sangat sarat nilainya.

Salah satu pesan yang menarik perhatianku adalah kata – kata si antagonistnya. Ketika dia menikam sang pemimpin sebuah grup, dia mengatakan, “Trust should be earned. Not to be given.” Artinya, kepercayaan harus dihasilkan, Bukan diberi.

Ini sempat membuatku berpikir sebentar. Ternyata benar kata dia. Kepercayaan ngak boleh diberi begitu saja. Kepercayaan itu harus dihasilkan.

Tidak lama dari saat ini, aku orangnya cepat sekali percaya pada orang lain. Ketika orang lain membutuhkan bantuan, aku selalu mengangkat tangan paling duluan untuk membantu. Ketika orang mau pinjam uang, aku orang yang paling pertama ingin meminjamkan. Ketika ada sebuah ide yang ingin aku kerjakan atau orang lain tawarkan kepadaku, aku orang pertama yang mempercayakan orang akan uangku untuk dipakai (sebagai investasi).

Akan tetapi, aku hampir tidak pernah mempertanyakan niat mereka dibalik semuanya itu atau tidak pernah mempertanyakan mengapa aku begitu mempercayai mereka.

Itulah akibatnya sering kali aku tertipu oleh mereka yang aku percayakan. Sebelum semuanya itu terjadi, aku hampir tidak pernah melihat konsekuensi dari kepercayaanku. Aku punya godaan yang selalu membuat instinctku tidak kugunakan yakni, always think positive. Selalu berpikir positif.

Akan tetapi, melalui pengalaman dan pengetahuanku dan ditambah lagi dengan cerita dalam film ini, aku kembali mengevaluasi keputusanku selama ini. Keputusan dalam mempercayai orang. Ingat! Kepercayaan Harus selalu Dihasilkan, Bukan Diberi. Trust should be earned, not to be given.

Dan itulah keputusanku malam ini sebelum istirahat. Mulai detik ini, setiap keputusan yang aku ambil, selalu berdasar atas prinsip di atas. Trust should be earned, not to be given.

Categorised in:

Comment Closed: Kepercayaan Harus Dihasilkan, Bukan Diberi

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!