Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kursus Bahasa Inggris di Kota Kupang-NTT

Kursus Bahasa Inggris di Kota Kupang-NTT

(107 Views) April 21, 2020 9:47 pm | Published by | Comments Off on Kursus Bahasa Inggris di Kota Kupang-NTT

KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RUMAH BELAJAR AHUNDRED/RBA100
CONTACT US : 0856 9227 0393

Halo saudara – saudaraku di Kupang – Nusa Tenggara Timur. Saya hadir menyapa kalian dengan penuh harapan, semoga semua baik adanya, meskipun di tengah pandemi COVID – 19 yang selalu menghantui kita. STAY HOME SAMBIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI RBA100.
Saya mau berbagi bersama saudara – saudaraku di Kota Kupang dan NTT umumnya soal Apa itu Bahasa Inggris? Mengapa harus belajar Bahasa Inggris? Di mana tempat yang paling tepat untuk belajar Bahasa Inggris? Bagaimana cara belajar Bahasa Inggris?.
Saat menulis artikel ini, saya sangat bersemangat karena kali ini saya justru mengajak saudara – saudaraku se-daerah, se-propinsi untuk belajar dan menguasai Bahasa Inggris. Ada banyak artikel yang sudah saya buat dan publikasikan soal Kursus Bahasa Inggris RBA100 di berbagai kota di tanah air tapi baru kali ini saya menulis untuk daerah saya sendiri Kupang – NTT. Bahkan Komunitas Kursus Bahasa Inggris Rumah Belajar Ahundred/RBA100 sudah menghasilkan ribuan peserta kursus dengan hasil yang memuaskan. Saya berharap saudara – saudaraku di NTT mengambil bagian dan menjadi peserta berikutnya dengan hasil yang lebih gemilang.
Apa itu Bahasa Inggris?
Buat katong yang sekolah atau kuliah apalagi yang menempuh jurusan bahasa spesifikasi Bahasa Inggris pasti tau jawaban dari pertanyaan di atas. Tapi beta mau jelaskan sedikit begini, Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah Bahasa Mandarin dan Bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya termasuk ASEAN.
Kira – kira itu beta pung jawaban. Pertanyaan pertama terjawab, kitong masuk ke pertanyaan kedua. Mungkin ada basaudara yang tanya seperti ini :
Mengapa harus belajar Bahasa Inggris?
Dari ribuan bahasa yang ada di muka bumi, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang digunakan banyak negara. Di sebagian negara, Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua bagi masyarakatnya, karena peran Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional sangat penting untuk berbagai sektor kehidupan manusia baik sebagai individu maupun sebagai organisasi. Artinya Bahasa inggris berperan sebagai alat komunikasi internasional, bahkan PBB mengakui ada 7 bahasa internasional tetapi yang memainkan peran penting di dunia adalah Bahasa Inggris.
Di dunia ada 3 kelompok negara dalam memanfaatkan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Pertama, kelompok negara sejak lahir menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa nasional. Kedua, kelompok negara yang menjadikan bahasa negaranya sebagai bahasa nasional dan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Ketiga adalah kelompok negara yang menjadikan bahasa negara sebagai bahasa nasional dan bahasa asingnya adalah Bahasa Inggris.
Indonesia merupakan salah satu negara yang kini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, walau tidak (belum) semua masyarakat Indonesia melakukannya. Meskipun dari sisi penggunaan berbeda – beda namun Bahasa Inggris dipelajari dan dituturkan di banyak negara di dunia karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi utama di era globalisasi dan pasar bebas.
Saudara – saudaraku di Kota Kupang dan NTT umumnya bisa membayangkan, dalam bidang diplomasi dan hubungan antar negara, dalam bidang bisnis dan perdagangan, dalam bidang pendidikan dan IPTEK, dalam bidang pariwisata dan kebudayaan bahkan dalam gaya hidup pun menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama. Jelas bahwa Bahasa Inggris sangat berperan penting dalam hidup manusia apalagi dalam urusan yang melibatkan lebih dari satu negara. Pasti pilihan alat komunikasi yang tepat adalah Bahasa Inggris.
Berbicara tentang Kota Kupang khususnya dan NTT umumnya, beta langsung teringat akan istilah – istilah berikut : “Kupang Kota Karang, Kupang Kota KASIH, FLOBAMORA, Bae sonde bae tanah Timor lebe bae”. Kota Kupang adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kotamadya ini adalah kota yang terbesar di Pulau Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut pulau Timor. Sebagai kota terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang dipenuhi oleh berbagai suku bangsa. Suku yang signifikan jumlahnya di Kota Kupang adalah suku Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan sebagian kecil pendatang dari Bugis dan Jawa.
Meskipun sering dikategorikan sebagai propinsi terbelakang, Kota Kupang yang merupakan ibu kota dari Propinsi NTT memiliki fasilitas sekaligus potensi daerah yang cukup memadai, mulai dari fasilitas pendidikan, ekonomi dan bisnis, kesehatan, transportasi, pariwisata dan fasilitas pendukung lainnya. Di bawah Visi “NTT BANGKIT MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA”, Pemerintah dan masyarakat terus berbenah dan menggelorakan pembangunan dalam berbagai bidang guna mencapai tujuan masyarakat sejahtera.
Salah satu misi pembangunan dari visi di atas adalah Meningkatkan Pembangunan Pariwisata dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat. Membangun NTT sebagai salah satu gerbang dan pusat pengembangan pariwisata nasional (New Tourism Teritory). Guna mewujudkan misi di atas, Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat, SH mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 56 Tahun 2018 Tentang Hari Berbahasa Inggris. Isi Pergub itu pada dasarnya adalah setiap hari Rabu, seluruh komponen masyarakat dan pemerintah, wajib berbicara dalam Bahasa Inggris.
Sebagai anak NTT, kita patut berbangga dan memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Pemprov NTT yang telah berpikir selangkah lebih maju dalam mempersiapkan pembangunan pariwisata NTT sekaligus meningkatkan kompetensi masyarakat terlebih kaum muda milenial dalam menjawabi tantangan global. NTT merupakan satu – satunya daerah yang memiliki dasar hukum penerapan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari – hari. Mari kita dukung dengan belajar dan menguasai Bahasa Inggris serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Tujuannya utama dari Pergub di atas adalah meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris menyambut NTT sebagai salah satu daerah tujuan wisata, menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu media komunikasi dalam aktivitas perkantoran maupun kehidupan sehari-hari di seluruh wilayah NTT. Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris bagi para ASN, karyawan swasta dan seluruh komponen masyarakat NTT dan juga untuk menyiapkan sumber daya manusia NTT yang cakap dalam menggunakan Bahasa Inggris di era yang serba modern ini. Mengingat kedudukan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
Jika saudara – saudaraku di Kota Kupang dan NTT umumnya belum memiliki skill yang memadai dalam berbahasa Inggris, boleh gabung bersama kami di KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RUMAH BELAJAR AHUNDRED/RBA100. DI SINI TERSEDIA PROGRAM BELAJAR ONLINE MAUPUN OFFLINE YANG MURAH, RAMAH DAN PRAKTIS. DIJAMIN 100% ANDA LANCAR OMONG BAHASA INGGRIS DALAM WAKTU SINGKAT.
Di era globalisasi dan pasar bebas saat ini, ada beberapa alasan seseorang belajar Bahasa Inggris, di antaranya :
1. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional
Meskipun PBB mengakui ada 7 bahasa internasional, tetapi yang memainkan peran penting di dunia adalah Bahasa Inggris. Berkat kedudukannya sebagai bahasa internasional dan bahasa yang memainkan peranan penting di dunia maka Bahasa Inggris dipelajari dan dituturkan di berbagai belahan dunia. Dalam berbagai urusan terutama yang melibatkan orang dari negara yang berbeda, Bahasa Inggris merupakan bahasa pemersatu antar bangsa. Organisasi – organisasi dunia pun menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dalam komunikasi, seperti PBB, Uni Eropa, ASEAN dan lain – lain. Maka dari itu belajar Bahasa Inggris menjadi penting dan urgen.

2. Bahasa Inggris merupakan bahasa bisnis
Antara bisnis, teknologi dan Bahasa Inggris, ketiganya sangat berkaitan erat. Mengapa? Menjalankan bisnis butuh teknologi dan menjalankan bisnis butuh fasih berbahasa Inggris karena bahasanya bisnis ya Bahasa Inggris. Bisnis tanpa teknologi sama halnya sayur tanpa garam. Begitu pula bisnis tanpa Bahasa Inggris bagaikan katak dalam tempurung. Mau bisnis berkembang butuh teknologi, mau hebat menggunakan teknologi harus fasih berbahasa Inggris.
Sadar atau tidak, penggunaan istilah Bahasa Inggris dalam sebuah perusahaan akan berpengaruh positif terhadap citra perusahaan di mata publik. Perusahaan akan terkesan modern dan mengikuti perkembangan zaman apabila menggunakan istilah asing “Bahasa Inggris”. Menggunakan istilah Bahasa Inggris dalam menjalankan usaha secara otomatis menarik minat investor asing untuk berinvestasi di perusahaan anda.
Wilayah Provinsi NTT berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste. Hal ini memberi peluang bagi masuknya pengusaha maupun wisatawan asing dari berbagai negara ke Indonesia. Kehadiran pengusaha dan wisatawan asing di Indonesia khususnya NTT secara otomatis meningkatkan penggunaan Bahasa Inggris dalam berbisnis dan dalam kehidupan sehari – hari. Ditambah lagi Provinsi NTT sangat kaya akan potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika anda mahir berbahasa Inggris, anda bisa membuka usaha dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada di NTT. Luar biasa potensi dan peluang yang ada di depan mata, yang penting katong bisa berbahasa Inggris. Apa yang akan terjadi bila punya niat untuk bekerja sama dengan perusahaan asing namun tidak kompeten dalam berbahasa Inggris. Apa jadinya bila berniat mengekspansi bisnis ke luar negri terlebih Timor Leste namun tidak kompeten dalam Bahasa Inggris. Jawabannya : GAGAL. Solusinya : belajar Bahasa Inggris.

3. Mahir berbahasa Inggris membuka peluang untuk memperoleh pekerjaan yang memadai dan meningkatkan karir
Sepintas anda dapat mengatakan bahwa “ah saya kan bekerja atau melamar kerja di Kupang – Indonesia, untuk apa harus menguasai Bahasa Inggris”. Saya katakan bahwa memang benar anda bekerja di Indonesia namun perlu dicatat bahwa Indonesia juga merupakan bangsa yang tidak dapat terlepas dari pengaruh global. Maka dari itu Pemprov NTT mengeluarkan peraturan yang mewajibkan semua masyarakat untuk berbicara Bahasa Inggris pada setiap hari Rabu.
Bahasa Inggris sangat berperan terutama dalam kaitan dengan kerja sama antar perusahaan atau lembaga baik swasta maupun pemerintah yang berbeda negara dan bahasa. Pastilah Bahasa Inggris sebagai jembatan komunikasi yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dari negara yang berbeda. Untuk itulah dibutuhkan ASN atau pun karyawan dengan spesifikasi kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni agar dapat menyampaikan pesan atau maksud atau tujuan dari perusahaan atau lembaga yang diwakilinya.
Masyarakat Kota Kupang – NTT tentu merasakan dan mengalami tingginya kebutuhan dunia kerja akan karyawan dengan skill berbahasa Inggris yang handal. Hal ini tidak terlepas dari secara geografis, NTT berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.
Saat ini banyak perusahaan baik lokal maupun asing membutuhkan karyawan dengan kemampuan berbahasa Inggris yang handal. Bahkan mahir berbahasa Inggris menjadi syarat utama saat melamar sebuah pekerjaan. Ingat dengan memiliki kompetensi Bahasa Inggris, tujuan anda memperoleh pekerjaan dengan gaji yang besar dapat tercapai termasuk bisa memperoleh pekerjaan di luar negri. Bahkan perjalanan karir anda menjadi mulus hingga mencapai puncak. Banyak kasus terjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negri sering disepelekan karena tidak mampu berbahasa Inggris sehingga sering terjadi masalah dengan TKI di luar negri.

4. Bahasa Inggris penting dalam bidang pendidikan
Kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga akan memudahkan jalan kalian untuk melanjutkan pendidikan. Banyak orang beranggapan bahwa belajar di dalam negeri tidak membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris, hal ini tidak benar. Pasalnya, kemampuan berbahasa Inggris bukan hanya menjadi syarat bagi kita yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, melainkan juga untuk melanjutkan pendidikan di dalam negri terlebih program pascasarjana atau ingin melanjutkan pendidikan di sekolah atau kampus favorit. Propinsi NTT telah menerbitkan Pergub tentang Hari Wajib Bahasa Inggris. Artinya tanpa sekolah atau kuliah di luar negri pun kita harus belajar dan menguasai Bahasa Inggris agar kita dapat melaksanakan Pergub dimaksud demi meningkatkan interpersonal skill dalam diri kita.
Kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki akan menjadi nilai tambah sekaligus menjadi modal utama untuk menyelesaikan pendidikan. Di bangku pascasarjana, hampir semua modul menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Sama halnya dengan di sekolah – sekolah favorit, bahasa pengantar resmi dalam proses pembelajaran adalah Bahasa Inggris. Jika kemampuan Bahasa Inggris kalian kurang memadai, hal ini menghambat kegiatan belajar kalian.
Setiap tahun juga pemerintah mengalokasikan sejumlah dana untuk program beasiswa dan pertukaran pemuda pelajar antar negara. Salah satu syarat utama agar layak dalam program beasiswa maupun pertukaran pemuda pelajar adalah mahir berbahasa Inggris. Anda kaum muda milenial Kota Kupang dan NTT pada umumnya tentu sangat tahu peranan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan. Mau melanjutkan studi baik di dalam negri maupun luar negri? Mau memperoleh beasiswa? Mau diikutsertakan dalam program pertukaran pemuda pelajar? Ayo belajar Bahasa Inggris.

5. Bahasa Inggris penting untuk menguasai IPTEK
Katong tentu sependapat bahwa kaitan antara Bahasa Inggris dan IPTEK sangat kental dan tidak dapat dipisahkan. Pada zaman sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi bertumbuh dan berkembang sangat cepat berkat inovasi – inovasi baru yang diciptakan di berbagai belahan dunia dan begitu cepat pula mewabah ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Dan sudah pasti penyebarannya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam produk IPTEK tersebut.
Kota Kupang merupakan ibu kota Provinsi NTT tentu masyarakatnya terlebih kaum muda sudah sangat familiar dengan pemanfaatan Bahasa Inggris dalam IPTEK. Ini berarti Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tidak terlepas dari IPTEK. Apalagi di kalangan anak muda yang hidup dan tergantung dengan teknologi masa kini seperti komputer, laptop, smartphone dan lainnya. Anda ingin berselancar di internet so pasti anda menemukan tulisan – tulisan dalam Bahasa Inggris. Dari situ kita sudah dapat mengetahui bahwa IPTEK berkaitan langsung dengan Bahasa Inggris.
Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita dapat mempelajari berbagai hal terkait IPTEK. Berbagai penelitian membuktikan bahwa orang Indonesia jarang mempublikasikan hasil penelitian atau hasil penemuan barunya dalam jurnal ilmiah karena kemampuan Bahasa Inggris sangat rendah. Padahal dengan mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah, hasil penelitian tersebut dikenal luas dan go internasional.
Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan teknologi seperti komputer, smartphone, internet, software dan juga teknologi-teknologi lainnya. Anda tentu tidak mau dicap “gaptek” bukan?
So, tunggu apa lagi, semoga alasan ini bisa memantapkan diri untuk memulai sekarang.

6. Bahasa Inggris dalam industri pariwisata dan traveling
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahasa asing memegang peranan vital dalam industri pariwisata. Pengelolaan pariwisata tanpa didukung dengan adanya keterampilan dan kecakapan berbahasa asing akan menghambat kelancaran dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan yang notabene berasal dari berbagai belahan dunia. Untuk itu memiliki keterampilan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa international mutlak diperlukan oleh pelaku pariwisata di NTT. Bahasa Inggris Pariwisata digolongkan ke dalam English for Specific Purposes (ESP) atau Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu dalam hal ini untuk tujuan pariwisata atau English for Tourism.
Pemerintah Prov. NTT sedang gencar – gencarnya melakukan berbagai gebrakan untuk mempersiapkan provinsi ini sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Salah satunya melalui produk hukum tentang Hari Wajib Bahasa Inggris.
Propinsi NTT sangat kaya akan berbagai objek wisata yang tersebar di semua daerah. Dengan memanfaatkan peluang wisata yang ada, anda dapat menjalankan usaha apa saja sehubungan dengan industri pariwisata, asalkan mahir berbahasa Inggris.
Begitu pula bila hendak traveling ke luar negri, anda tidak perlu mempelajari semua bahasa sesuai negara tujuan anda. Cukup mahir berbahasa Inggris anda sudah bisa mengelilingi dunia. Bahasa Inggris SATU UNTUK SEMUA.

7. Bahasa Inggris penting dalam gaya hidup
Saat ini dunia semakin modern dan maju dalam berbagai hal. Sejalan dengan itu, pengaruh penggunaan Bahasa Inggris pun kian terasa bukan hanya dalam urusan formal tetapi juga dalam urusan gaya hidup sehari – hari. Apalagi di kalangan kaum muda milenial yang sangat akrab dengan penggunaan komputer, smartphone dan peralatan tekonologi modern lainnya yang berbasis internet. Pasti kalian sering berjumpa dengan istilah – istilah dalam Bahasa Inggris. Sebut saja seperti OTW = on the way, HBD = happy birthday, BTW = by the way, OL = online dan lain sebagainya. Sadar atau tidak, kita sering menggunakan istilah – istilah di atas dalam kehidupan sehari – hari baik di dunia nyata maupun dunia maya atau media sosial.
Dan saudara – saudaraku di Kota Kupang – NTT tentu tahu, bila kita sering menyisipkan istilah Bahasa Inggris dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, orang akan bilang “wah hebat dia” atau “keren dia”.
Oleh karena itu belajar Bahasa Inggris sangat penting untuk hidup. Selain itu dengan menguasai Bahasa Inggris, kita dapat berbicara dengan siapa saja penuh percaya diri termasuk menjalin hubungan yang romantis dengan cewek atau cowok bule. Berbagai kecanggihan IPTEK saat ini pun menyajikan berbagai informasi terupdate. Hanya dengan menguasai Bahasa Inggris, anda dapat mengikuti berbagai informasi terkini di dunia sehingga anda tidak ketinggalan kereta.

8. Bahasa Inggris dalam seni dan budaya
Indonesia umumnya dan NTT khususnya sangat kaya akan sejarah, adat istiadat dan seni budaya yang belum dikenal luas di kancah internasional. Salah satu cara agar kita bisa memperkenalkannya ke dunia luar yaitu dengan belajar Bahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang benar, baik speaking, writing maupun listening, kita bisa mempublikasikan kebudayaan dan adat istiadat tanah air ke dunia internasional. Hal itu akan dengan sendirinya membawa keuntungan dan manfaat yang besar bagi kemajuan tanah air dan daerah kita. Sebaliknya dengan lancar berbahasa Inggris kita pun dapat mempelajari seni budaya bangsa lain untuk memperkaya pengetahuan kita.
Pertanyaan kedua terjawab. Katong masuk ke pertanyaan ketiga dan keempat.
Di mana tempat yang paling tepat untuk belajar Bahasa Inggris?
Bagaimana cara belajar Bahasa Inggris?
Saudara – saudaraku di NTT, mari Belajar Bahasa Inggris di KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RBA100. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.
Hubungi kami di : ==> Kursus Bahasa Inggris RBA100 atau Kontak WA: 0856 9227 0393. Kursus Bahasa Inggris RBA100 atau Kontak WA : 0856 9227 0393. <== DIJAMIN PUAS 100% DENGAN PELAYANAN KAMI!!!

Categorised in:

Comment Closed: Kursus Bahasa Inggris di Kota Kupang-NTT

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!