Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kursus Bahasa Inggris di Kota Pangkalpinang-Bangka Belitung

Kursus Bahasa Inggris di Kota Pangkalpinang-Bangka Belitung

(117 Views) April 22, 2020 6:41 pm | Published by | Comments Off on Kursus Bahasa Inggris di Kota Pangkalpinang-Bangka Belitung

KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RUMAH BELAJAR AHUNDRED/RBA100
CONTACT US : 0856 9227 0393

Berbicara tentang bahasa, tentu kita sepakat bahwa bahasa merupakan sebuah sistem komunikasi yang sangat berperan penting dalam hidup dan kemajuan peradaban umat manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Tak terkecuali Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam komunikasi internasional.
Sejak ditetapkannya sebagai bahasa resmi internasional oleh PBB, Bahasa Inggris mendominasi berbagai bidang kehidupan. Bahkan Bahasa Inggris merupakan indikator kemajuan sebuah negara. Artinya sebuah negara dikatakan maju apabila sebagian besar masyarakatnya telah menguasai dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Karena dengan Bahasa Inggris, masyarakat sebuah negara dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan dunia lain dan berkompetisi dalam berbagai bidang.
Berdasarkan indikator kemajuan sebuah negara di atas, anda dan saya tentu bertanya : Apakah Indonesia sudah dapat dikatakan sebagai negara maju?
Jawabannya ada pada pertanyaan ini : Sudahkah masyarakat Indonesia menguasai skill berbahasa Inggris dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris setiap hari? Minimal menempatkan atau memposisikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi kedua atau English as a Second Language. Ataukah masyarakat Indonesia masih menganggap Bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau English as a Foreign Language.
Jawaban atas pertanyaan di atas adalah Indonesia belum bisa dikategorikan sebagai negara maju karena kemampuan berbahasa Inggris masyarakatnya masih rendah.
Padahal dewasa ini di zaman yang serba modern dan serba digital, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang eksistensi dan pengaruhnya semakin dirasakan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Kemajuan peradaban masyarakat dunia tak bisa lepas dari Bahasa Inggris sejak PBB menetapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Dalam berbagai bidang pasti kita selalu berhadapan dengan Bahasa Inggris, mulai dari ekonomi dan bisnis, ketenagakerjaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan dan kebudayaan, seni dan olahraga, pemerintahan dan diplomasi, kepariwisataan dan gaya hidup. Tak terkecuali Kota Pangkalpinang di Bangka Belitung.
Kota Pangkalpinang adalah salah satu kota di Indonesia yang merupakan bagian dari provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus merupakan ibu kota Provinsi. Mendengar nama Kota Pangkalpinang, bayangan kita langsung tertuju pada sebuah novel dan film berjudul Laskar Pelangi dengan latar belakang Belitung. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga terkenal dengan kecantikan pantai-pantainya. Kota ini menyajikan berbagai destinasi wisata kelas dunia yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.
Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis atau perdagangan dan industri di Bangka Belitung. Logam timah dan lada putih menjadi komoditas ekspor unggulan terutama dari Kota Pangkalpinang. Di kota ini beridiri Kantor Pusat PT. Timah Tbk.
Potensi daerah di atas memberikan gambaran jelas bahwa Bahasa Inggris sangat penting dalam mengelola dan mengembangkan berbagai potensi daerah yang ada. Sobat Kota Pangkalpinang bisa membayangkan apa jadinya bila melakukan ekspor timah tanpa memahami Bahasa Inggris, mengelola potensi wisata yang sangat menarik di Pangkalpinang tanpa penguasaan Bahasa Inggris. Kegagalan selalu membayangi anda jika tidak mampu dalam berbahasa Inggris. Soalnya potensi – potensi di atas sangat menarik untuk dikunjungi baik oleh pengusaha lokal maupun pengusaha asing, baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Mustahil bagi anda untuk berkomunikasi dengan orang asing atau bule dalam Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris memungkinkan anda untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan siapa saja dalam berbagai urusan tanpa ragu.
Ingin meningkatkan kemampuan interpesonal skill anda dalam Bahasa Inggris? Mari bergabung bersama kami di KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RUMAH BELAJAR AHUNDRED/RBA100. TERSEDIA METODE BELAJAR ONLINE MAUPUN OFFLINE YANG MURAH, RAMAH DAN PRAKTIS. DIJAMIN 100% ANDA LANCAR NGOMONG BAHASA INGGRIS DALAM WAKTU SINGKAT.
Sebegitu pentingkah Bahasa Inggris atau sejauh mana peranan Bahasa Inggris dalam kehidupan? Ulasannya ada di bawah ini :
a. Dalam Ekonomi dan Bisnis
Dalam urusan ekonomi dan bisnis, Bahasa Inggris sangat berperan. Di era perdagangan bebas saat ini, banyak investor asing dan tenaga kerja asing berdatangan ke Indonesia untuk mengembangkan bisnis dan menyertakan modal usahanya serta mencari kerja pada perusahaan lokal maupun asing. Sudah tentu bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris sebagai bahasa bisnis internasional. Atas dasar itu, para pengusaha dan karyawan dituntut untuk fasih berbahasa Inggris. Karena hanya dengan Bahasa Inggris, seorang pengusaha maupun delegasi perusahaan dapat berkomunikasi dan menjalin kerja sama dengan mitra kerja asing, membuat deal – deal perusahaan agar dapat menguntungkan bisnisnya.
Dengan skill berbahasa Inggris, seorang pengusaha mampu mengembangkan atau membuka sayap perusahaan ke negara lain agar memperoleh hasil yang berlipat ganda. Dengan menguasai Bahasa Inggris, seorang pengusaha mampu mendapatkan informasi yang up to date berkaitan dengan usahanya baik melalui internet maupun literatur – literatur bisnis lainnya dan dapat mengaplikasikannya dalam perusahaannya.
Kota Pangkalpinang sebagai sentra industri dan perdagangan di Bangka Belitung tentu sangat terasa pengaruh Bahasa Inggris dalam bidang bisnis. Di kota ini berdiri Kantor Pusat Timah PT. Timah Tbk. Kota Pangkalpinang pun sangat kaya akan pesona wisata. Kemampuan Bahasa Inggris yang handal membuka peluang untuk berusaha dan bekerja sama dengan mitra kerja asing. Apakah anda seorang pengusaha yang belum memiliki skill berbahasa Inggris? Apakah anda berencana membangun usaha namun belum mampu berbahasa Inggris? Ayo belajar Bahasa Inggris. Ingat zaman semakin berubah dari waktu ke waktu, jangan sampai anda dan perusahaan anda tergusur atau tersingkir karena tidak memiliki skill berbahasa Inggris.

b. Ketenagakerjaan
Sejak tahun 2011, kita telah memasuki era Industry 4.0, yang ditandai meningkatnya konektivitas, interaksi dan batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi. Tantangan paling besar di era ini yakni meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui program link and match antara pendidikaan dengan industri.
Menghadapi era persaingan global saat ini, persoalan kompetensi sumber daya manusia merupakan faktor utama yang harus mendapatkan perhatian serius untuk ditingkatkan. Salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh tenaga kerja atau karyawan atau pegawai adalah kemampuan berkomunikasi secara global. Ini berarti tenaga kerja harus menguasai bahasa internasional yakni Bahasa Inggris. Karena dengan kemampuan berbahasa Inggris, seorang tenaga kerja mampu mengupdate berbagai informasi sehubungan dengan bidang kerjanya demi kemajuan perusahaan. Dengan kemampuan berbahasa Inggris, seorang tenaga kerja mampu berkomunikasi dengan perusahaan asing guna menjalin kerja sama atau mempresentasikan sebuah proposal.
Meskipun secara akademis anda ahli namun tanpa kecakapan berbahasa Inggris, anda tidak mampu bersaing dengan tenaga kerja asing bahkan nilai tawar anda akan sangat rendah. Dengan demikian anda akan terdepak dari persaingan dalam dunia kerja atau profesi. Perlu diingat bahwa dengan adanya perdagangan bebas saat ini banyak tenaga kerja asing dengan skill berbahasa Inggris yang mumpuni datang dan menyerbu Indonesia. Anda tinggal pilih mau diterima kerja atau ditolak karena rendahnya skill berbahasa Inggris atau tidak memenuhi syarat fasih berbahasa Inggris.
Kota Pangkalpinang merupakan pusat industri dan perdagangan di Bangka Belitung. Tentu terdapat banyak perusahaan di sana termasuk Kantor Pusat PT. Timah Tbk. Agar dapat bekerja pada perusahaan – perusahaan tersebut maka harus menguasai Bahasa Inggris sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.
Fakta : tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan tenaga kerja asing sesuai latar belakang akademis namun kalah dalam hal syarat berbahasa Inggris. Anda tentu tidak mau kalah dengan tenaga kerja asing kan? Malu dong, masa harus kalah di negri sendiri.
Bro and sist harus tahu bahwa dengan memiliki skill berbahasa Inggris, posisi anda dalam dunia kerja akan semakin spesial dengan nilai tawar yang sangat tinggi. Kalau sudah begitu otomatis penghasilan anda pun tinggi.

c. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Meskipun bukan satu – satunya bahasa tertua di dunia, seiring dengan perkembangan peradaban manusia, Bahasa Inggris sangat melekat dengan kehidupan manusia seiring dengan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dapat dikatakan bahwa Bahasa Inggris tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan dan perkembangan IPTEK. Ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa bahasa sebagai alat komunikasi terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional maka tidak akan ada artinya bagi manusia.
Dengan ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, penggunaan Bahasa Inggris dalam dunia IPTEK dan penerapannya semakin pesat. Bahkan hampir semua penelitian dan jurnal ilmiah diterbitkan dalam Bahasa Inggris. Begitu pula peralatan teknologi, internet dan penyebarannya.
Sehubungan dengan hadirnya era revolusi industry 4.0 ini, sektor industri nasional perlu banyak pembenahan terutama dalam aspek penguasaan teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing di era Industry 4.0.
Lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem Industry 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing. Nah jelas kan? Teknologi hanya bisa dikuasai jika kita memiliki skill berbahasa Inggris. Karena dengan skill berbahasa Inggris, kita dapat memahami dan mengoperasikan berbagai peralatan teknologi dan internet.
Masyarakat Kota Pangkalpinang terlebih kaum muda milenial yang sangat tergantung dengan peralatan teknologi masa kini semacam : internet, komputer, laptop, smartphone dan lainnya yang semuanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa produk. Mau hebat dalam mengoperasikannya, harus mahir berbahasa Inggris. Jika tidak, siap – siaplah dicap GAPTEK.
By the way, anda pasti tidak terima dicap gaptek dan ketinggalan informasi kan? Maka dari itu belajar Bahasa Inggris solusinya.

d. Pendidikan
Kebutuhan akan penggunaan Bahasa Inggris ternyata sudah tidak bisa dielakkan lagi. Hampir di semua lini kehidupan kini telah menggunakan Bahasa Inggris bahkan dunia pendidikan telah menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar resmi. Pendidikan dan Bahasa Inggris tidak bisa dipisahkan. Sekolah – sekolah dan universitas bertaraf internasional telah menerapkan Bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran.
Pendidikan di level universitas dan dalam beberapa mata kuliahnya telah mengharuskan penggunaan literatur berbahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Terdapat banyak penelitian ilmiah dan jurnal ilmiah ditulis dalam Bahasa Inggris. Tidak terbayang jika harus menterjemahkan satu per satu kata yang tertulis, belum lagi jika ada makna yang sulit dipahami. Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang dapat menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia tetapi hal tersebut akan sangat melelahkan.
Di dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris berperan sangat penting karena dengan skill Bahasa Inggris, bisa diartikan bahwa kita telah mendapatkan kunci untuk menguasai ilmu pengetahuan. Dengan menguasai skill berbahasa Inggris, seseorang dapat melanjutkan studi atau mendapatkan beasiswa untuk studi ke negara lain.
Setiap tahun pemerintah selalu mengagendakan pertukaran pemuda pelajar dengan negara lain guna melanjutkan studi atau memperkenalkan budaya Indonesia ke negara lain. Dengan kecakapan berbahasa Inggris, kita dapat mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke luar negri maupun belajar kebudayaan negara lain.
Anda kaum muda di Kota Pangkalpinang pasti ingin melanjutkan studi ke sekolah atau perguruan tinggi ternama bahkan studi ke luar negri. Ayo persiapkan dirimu dengan belajar Bahasa Inggris sebelum ditolak belajar ke luar negri karena gagap berbahasa Inggris.

e. Seni budaya dan Olahraga
Sama halnya dengan peran atau posisi Bahasa Inggris dalam bidang Pendidikan dan Kebudayaan, begitu pula dalam bidang Seni Budaya dan Olahraga. Melalui kemahiran berbahasa Inggris, kita dapat memperkenalkan hasil karya seni dan warisan budaya anak bangsa kepada dunia internasional melalui berbagai even internasional yang diselenggarakan setiap tahunnya. Sebaliknya kita juga dapat mempelajari hasil karya seni dan budaya bangsa lain melalui kecakapan berbahasa Inggris. Melalui skill berbahasa Inggris, kita juga dapat mengupdate berbagai informasi menarik seputaran dunia seni budaya dan olahraga.
Apalagi Kota Pangkalpinang sangat kaya akan potensi daerah, tentu hanya dengan mahir berbahasa Inggris anda dapat memperkenalkan potensi lokal ke dunia internasional. Anda penggila seni dan olahraga atau seniman dan atlet belum lengkap bila tidak mampu berbahasa Inggris. Bisa – bisa anda hanya berkutat seputar Indonesia karena tidak mampu ngomong Bahasa Inggris. Ayo dong bangkit dan mulailah belajar Bahasa Inggris agar bisa go international.

f. Pemerintahan dan Diplomasi
Tak dapat dipungkiri bahwa pemerintahan dan birokrasi tidak dapat dipisahkan dengan Bahasa Inggris sama halnya dengan bidang – bidang kehidupan lainnya. Anda tentu tahu bahwa buku – buku tentang teori – teori kepemerintahan dan birokrasi serta best practisenya tersaji dalam Bahasa Inggris.
Sejalan dengan kemajuan zaman, komunikasi dan kerja sama antar negara dalam berbagai bidang pun semakin meningkat. Baik kerja sama bilateral maupun multilateral. Di era keterbukaan informasi dan telekomunikasi saat ini, semua negara di berbagai belahan dunia berlomba – lomba untuk saling bekerja sama dan berkompetisi dalam banyak hal tak terkecuali Indonesia.
Agar tidak terjadi miskomunikasi dengan negara lain, tentunya syarat kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang mutlak dimiliki khususnya berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.
Sebuah kerja sama dan upaya diplomasi akan berhasil bila negara – negara yang saling bekerja sama saling memahami dalam sebuah bahasa komunikasi yang dipahami bersama. Artinya dalam urusan protokoler pemerintahan pun Bahasa Inggris sangat berperan apalagi melibatkan negara lain.
Hampir setiap tahun selalu digelar even – even pertemuan berlevel internasional di Indonesia dan sudah pasti bahasa komunikasinya adalah Bahasa Inggris. Menyadari pentingnya memiliki skill berbahasa Inggris, saat ini ada beberapa instansi pemerintahan yang mulai menerapkan HARI WAJIB BERBAHASA INGGRIS bagi ASN di lingkup pemerintahannya. Pertanyaannya : masih layakkah bangsa Indonesia memposisikan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing? Padahal saat ini kemahiran berbahasa Inggris sudah merupakan keharusan atau kewajiban dalam berbagai urusan tak terkecuali urusan pemerintahan dan diplomasi. Ayo jangan mau ketinggalan dari negara lain dan mulailah belajar Bahasa Inggris.

g. Kepariwisataan dan traveling
Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia kepariwisataan, bukan hal baru kaitan antara bahasa asing dan kepariwisataan terlebih Bahasa Inggris. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahasa asing memegang peranan vital dalam industri pariwisata. Pengelolaan pariwisata tanpa didukung dengan adanya keterampilan dan kecakapan berbahasa asing akan menghambat kelancaran dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan yang notabene berasal dari berbagai belahan dunia. Untuk itu memiliki keterampilan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sebagai bahasa international mutlak diperlukan oleh pelaku pariwisata. Bahasa Inggris Pariwisata digolongkan ke dalam English for Specific Purposes (ESP) atau Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu dalam hal ini untuk tujuan pariwisata atau English for Tourism.
Kota Pangkalpinang sangat kaya akan potensi wisata daerah. Kota ini menyajikan berbagai destinasi wisata berkelas dunia yang sangat menarik untuk dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki skill berbahasa Inggris membuka peluang untuk mengelola dan memperoleh keuntungan besar dari pariwisata di Pangkalpinang. Skill berbahasa Inggris memungkinkan anda untuk menjalankan usaha : Tour and travel, Tour and guide, Penginapan, home stay, hotel, Sewa kendaraan, Kuliner, Aksesoris, Jasa tukar mata uang atau money changer.
Sama halnya ketika anda berniat untuk berlibur atau berwisata ke negara lain. Sudah barang tentu anda perlu membekali diri dengan kemampuan berbahasa Inggris. Karena dengan skill berbahasa Inggris, anda dapat menyesuaikan diri di tempat tujuan serta menikmati liburan anda dengan penuh sukacita. Sebaliknya jika anda hendak berwisata ke luar negri namun tidak memiliki skill berbahasa Inggris maka liburan anda hanya akan terasa membosankan.

h. Gaya Hidup
Manfaat dan pentingnya belajar Bahasa Inggris lainnya berkaitan dengan gaya hidup dan kepuasan diri sendiri ketika telah mahir menggunakannya. Anda tentu tidak asing dengan ungkapan – ungkapan berikut :
‘What’s up, man’
‘Anyway’
‘By the way’
‘On the way’
‘No problem’
‘Don’t mention it’ dan lain – lain
Di Indonesia tak terkecuali Pangkalpinang, mereka yang menyisipkan kata tersebut di dalam obrolan sehari-hari, tentu membuat mereka terlihat lebih keren diantara yang lainnya. Secara sederhana, ketika mendengar orang Indonesia berkomunikasi dengan Bahasa Inggris baik di dunia nyata maupun di dunia maya pasti orang awam akan berkata, “Wah, keren”, atau “Hebat sekali dia”, dan sebagainya.
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling umum digunakan dan sangat populer maka tak mengherankan dalam urusan life style juga Bahasa Inggris jugalah yang paling sering digunakan.
Selain itu, seseorang yang pandai berbahasa Inggris pasti akan disegani oleh komunitas disekitarnya.
Ayo sobat Kota Pangkalpinang, mari Belajar Bahasa Inggris di KOMUNITAS KURSUS BAHASA INGGRIS RBA100. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.
Hubungi kami di : ==> Kursus Bahasa Inggris RBA100 atau Kontak WA: 0856 9227 0393. Kursus Bahasa Inggris RBA100 atau Kontak WA : 0856 9227 0393. <== DIJAMIN PUAS 100% DENGAN PELAYANAN KAMI!!!

Categorised in:

Comment Closed: Kursus Bahasa Inggris di Kota Pangkalpinang-Bangka Belitung

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!