Menu Click to open Menus
Home » 52 » Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Tak Terhitung Nilainya

Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Tak Terhitung Nilainya

(617 Views) January 25, 2020 10:17 am | Published by | Comments Off on Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Tak Terhitung Nilainya

Manfaat belajar bahasa inggris yang tak terhitung nilainya.

Beberapa hari yang lalu ketika aku memposting sebuah video tentang Kursus Bahasa Inggris, aku dikomentari oleh beberapa netijen. Salah satunya adalah Dedisuprianto Pakpahan. Dia mengatakan: “Gua mau nanya kenapa orang indonesia harus pelajari bahasa inggris. Ini kan negara indonesia bukan negara inggris.”

Dan melalui artikel sederhana yang berjudul “manfaat belajar bahasa inggris yang tak terhitung nilainya” ini, aku mau menjawab komentar yang satu ini. Aku ingin memulainya dengan sebuah cerita pribadiku tentang manfaat belajar Bahasa Inggris yang aku rasakan.

Bahwa Jika aku bandingkan perkembangan pengetahuan, skill dan bahkan pendapatanku antara sebelum dan sesudah bisa Bahasa Inggris, (maka) pengetahuan, skill dan pendapatanku sesudah bisa berbahasa Inggris jauh lebih besar ketimbang sebelum bisa Bahasa Inggris.

Mengapa bisa begitu?

Hal ini karena secara ketersediaan informasi atau pengetahuan, sumber informasi atau pengetahuan dalam Bahasa Inggris lebih banyak tersedia dibandingkan dengan sumber yang ada dalam bahasa-bahasa lain termasuk bahasa Indonesia. Dan yang pastinya buku, artikel baik di google maupun di media atau platform lain, video di youtube dan platform lain dan berbagai sumber informasi lainnya, lebih berkelimpahan dalam Bahasa Inggris ketimbang dalam Bahasa Indonesia.

Dan untuk mendukung argument ini, aku ingin menbandingkan data dua kata kunci yang menurut research paling dicari orang di dunia ini. (Hal ini pernah aku singgung dalam sebuah video di Youtube Channel: Bonefasius Falo).

Dan mari kita lihat datanya.

Bahwa secara data pencarian, ini adalah 2 kata kunci dari beberapa kata kunci yang paling dicari orang di internet (dan hasil pencariannya bahkan sampai miliaran hasil). Dan ini tentunya merefleksikan kehidupan nyata di dunia ini.

Mau tahu kedua kata itu apa?

Kedua kata yang akan menjadi sample kita hari ini adalah: money dan happy. Kedua kata ini sesuai research merupakan kedua kata yang hasil pencariannya paling tinggi di dunia.

Money dalam bahasa Indonesia (tentu saja teman-teman udah tahu) artinya uang, sedangkan happy dalam bahasa Indonesia adalah bahagia. Dan kita akan membandingkan kedua set kata kunci ini. Langsung saja.

Jika kita bandingkan hasil pencarian di google antara money dengan uang dan happy dengan bahagia, maka inilah hasil pencarian yang akan kita dapatkan di bawah 1 detik.

Kata kunci: money memiliki hasil pencarian: 9,550,000,000 hasil (0.46 detik)

Kata kunci: uang memiliki hasil pencarian: 384,000,000 hasil (0.48 detik)

Kata kunci: happy memiliki hasil pencarian: 13,770,000,000 hasil (0.72 detik)

Kata kunci: bahagia memiliki hasil pencarian: 88,700,000 hasil (0.48 detik)

Dari data di atas, kita bisa tahu bahwa sumber informasi yang tersedia dalam Bahasa Inggris jauh lebih banyak dibandingkan dengan sumber informasi yang tersedia dalam Bahasa Indonesia. Bahkan buku-buku orang hebat lebih banyak tersedia dalam Bahasa Inggris ketimbang Bahasa Indonesia. Jadi, dengan sendirinya, jika Anda tahu Bahasa Inggris, Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang tidak tahu.

Bahkan ini yang cukup mengherankan bagiku. Bahwa terkadang hal yang ingin saya cari di google dalam bahasa Indonesia, tidak tersedia sumbernya di internet atau kalaupun ada sumber yang bisa kita jadikan referensi terlalu sedikit. Inilah yang menjadi keterbatasan kita jika kita hanya ingin menguasai bahasa Indonesia tanpa ingin mempelajari bahasa Inggris. Dan ini pula tentunya yang akan membatasi pengetahuan, skill dan bahkan pendapatan kita jika kita hanya tergantung pada satu bahasa saja.

Dengan memiliki skill berbahasa Inggris, Anda sebenarnya semakin memperkaya diri Anda baik dalam ilmu/ pengetahuan, skill maupun penghasilan.

Aku adalah orang yang suka membaca buku. Dan ada beberapa authorku dalam dunia bisnis, psikologi dan filsafat yang paling aku suka tapi mereka adalah orang Amerika, Inggris dan beberapa dari negara lain. Dan ketika mereka hampir merilis buku atau artikel mereka, aku biasanya pre-order. Bayangkan, mereka adalah orang bule dan jika aku harus menunggu bukunya diterjemahkan dulu ke bahasa Indonesia, kapan aku akan membacanya. Bisa jadi, kompetitorku yang lancar berbahasa Inggris, lebih dahulu membaca dan mempraktekkan isi buku itu ketimbang saya (jika saya tidak bisa bahasa Inggris). Jadi, pastinya aku menunda ilmuku, skillku, dengan demikian pasti penghasilanku pun ikut tertunda.

Nah, bagaimana bisa aku mengakali ketertinggalan informasi ini? Tentunya, dengan bisa berbahasa Inggris.

By the way teman-teman, di atas adalah salah satu contoh aja ya. Selain itu, misalkan kalau aku suka menimba ilmu dan skill melalui video-video di youtube pun demikian. Jika saja aku harus menunggu para youtuber barat untuk terjemahkan apa yang mereka presentasikan dalam bahasa Indonesia, aku akan menunggu sampai kucing bertanduk. Hehehe. Inilah alasan sederhana, aku harus bisa bahasa Inggris.

Dan aku sarankan semua orang untuk bisa lancar ngomong bahasa Inggris. Hal ini untuk mengurangi kesenjangan ilmu dan bahkan pendapatan di bangsa kita.

Nah, di atas adalah sharing pribadiku. Namun, ada juga sharing banyak teman lain yang memiliki keinginan besar untuk lancar ngomong bahasa Inggris. Bahkan bagi mereka, skill berbahasa Inggris bukan merupakan trend lagi melainkan kebutuhan.

  1. Ada seorang kenalan yang datang meminta saya untuk diajari bahasa Inggris karena skill berbahasa Inggris adalah salah satu syarat untuk bisa naik pangkat menjadi manager di hotel tempat dia bekerja. Ada yang meminta bantuan tuk diajari bahasa Inggris karena interview kerja perusahaan impiannya dalam bahasa Inggris. Ada yang dipecat karena dia ada kompetitornya di masa-masa perusahaan ada perampingan karyawan. Ternyata alasannya karena dia tidak bisa bahasa Inggris sedangkan kompetitornya bisa. Dan masih ada banyak cerita sukacita karena perjalanan karirnya tertolong dengan skill berbahasa Inggris tapi ada juga banyak cerita yang memprihatinkan karena absennya skill berbahasa Inggris dalam CV nya. Sampai poin ini, tentunya Anda udah tahu bahwa skill berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam dunia karir. Apalagi di era globalisasi ini yang keterbukaan pasar di dunia global makin besar. Maka dari itu, skill berbahasa Inggris pun tidak terelakkan lagi.

Kursus Bahasa Inggris RBA100 ( Rumah Belajar AhundrEd )Manfaat Belajar Bahasa

2. Banyak orang pula yang belajar bahasa Inggris untuk kepentingan studi. Beberapa bulan yang lalu, ada seorang temanku yang belajar bahasa Inggris di komunitas kami dengan tujuan ingin melanjutkan studi S2 nya di Universitas Indonesia. Dia membutuhkan bahasa Inggris untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus. Ada yang juga pernah belajar bahasa Inggris karena ingin kejar beasiswa keluar negeri. Jadi, sampai poin ini, seharusnya kita udah sama-sama tahu bahwa bahasa Inggris itu penting untuk kelanjutan studi baik formal maupun informal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sangat-sangat penting. Inilah alasannya banyak orang yang mau sukses ingin belajar bahasa Inggris.

3. Bahasa Inggris diperlukan untuk menambah pengetahuan, skill dan tentunya pendapatan seperti sharingku di awal artikel ini.

4. Bahasa Inggris penting untuk perkembangan bisnis. Jika anda ingin membangun sebuah bisnis, dengan memiliki skill yang satu ini, akan memperluas skill Anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis Anda. (Referensi Point 3 di atas).

5. Bahasa Inggris penting untuk travelling ke luar negeri saat liburan.

Manfaat belajar bahasa inggris yang tak terhitung nilainya
Manfaat Belajar Bahasa

6. Skill berbahasa Inggris membuat Anda semakin keren baik di social media maupun dalam kehidupan nyata, baik di caption maupun saat ngobrol santai dengan orang berintelek lainnya.

7. Skill berbahasa Inggris penting untuk membangun hubungan romantic dengan orang dari berbagai negara (apalagi yang berasal dari 53 negara yang ngomong bahasa Inggris sebagai bahasa nasional mereka).

Selain itu, adapun manfaat-manfaat lainnya seperti

  1. Bahasa Inggris merupakan bahasa internet dan teknologi. Jadi, jika anda ingin menguasai dunia maya dan teknologi, penting menguasai bahasa Inggris juga.
  2. Bahasa Inggris merupakan bahasa Ibu 400 juta orang di dunia.
  3. Bahasa Inggris adalah bahasa media.
  4. Dengan menguasai bahasa Inggris, kualitas diri anda semakin dipandang orang.
  5. Bahasa Inggris memberikan banyak kesempatan dalam berbagai bidang.
  6. Mudah berkomunikasi dengan siapa saja di dunia.
  7. Dengan menguasai bahasa Inggris, anda bisa menikmati berbagai sastra dunia, bahkan ilmu-ilmu penting dunia termasuk menikmati film-film barat yang tentunya sangat menghibur dan edukatif.
  8. Ada banyak manfaat yang tidak sempat aku tulis di sini tapi, aku tahu anda punya alasan tersendiri untuk belajar bahasa Inggris. Silahkan pikirkan dan share alasan Anda nanti.

Nah, artikel ini udah cukup panjang dan aku yakin udah cukup menjawab pertanyaan beberapa sahabat yang masih mencari tahu manfaat belajar bahasa Inggris meskipun kita tinggal di Indonesia.

Dan sekali lagi, artikel ini tidak bermaksud untuk mengesampingkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah Anda. Karena bagaimanapun juga, kita tinggal di Indonesia jadi perlu menguasai bahasa Indonesia. Hanya perlu diingat juga bahwa kalau kita ingin meningkatkan kualitas hidup dan bangsa kita, aku sarankan kita untuk belajar bahasa Inggris.

Dan untuk teman-teman sekalian yang memiliki keinginan besar untuk lancar ngomong bahasa Inggris, aku mewakili Team Kursus Bahasa Inggris RBA100 memberikan Anda lebih dari 85% discount jika Anda ingin klik link ini dan join komunitas kami. Dan ini khusus untuk Anda hari ini. Jika Anda mengambil kesempatan ini maka jadikan ini sebagai investasi akan masa depan Anda.

Klik: ==> Kursus Bahasa Inggris RBA100 <==

Sampai jumpa di komunitas Kursus Bahasa Inggris RBA100 yang mana Anda akan belajar dan lancar ngomong bahasa Inggris dalam waktu yang singkat.

Artikel # Manfaat Belajar Bahasa

# Manfaat Belajar Bahasa

Categorised in:

Comment Closed: Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Tak Terhitung Nilainya

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!