Menu Click to open Menus
Home » 25 » Praktek Percakapan Bahasa Inggris

Praktek Percakapan Bahasa Inggris

(589 Views) July 12, 2019 5:18 pm | Published by | Comments Off on Praktek Percakapan Bahasa Inggris

Praktek Percakapan Bahasa Inggris.

Praktek Percakapan Bahasa Inggris

Praktek Percakapan Bahasa Inggris sangat penting karena akan memudahkan dan mempercepat pemahaman kita dalam berbahasa Inggris. Tanpa ada praktek percakapan berbahasa Inggris tentunya kita akan merasa kesulitan untuk memahami pembicaraan orang lain apalagi untuk memulai percakapan dengan mereka terutama native speaker (orang bule).

Dalam artikel singkat ini aku akan membahas secara singkat pengertian dari percakapan, pengertian percakapan dalam Bahasa Inggris, serta akan memberikan contoh-contoh nyata yang dialami oleh pembaca sekalian dalam kehidupan sehari-hari.

Percakapan adalah proses tanya jawab antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu. Tentunya, dalam percakapan kita seseorang dituntut untuk mengerti dan memahami banyak kosakata supaya maksud dan tujuan yang disampaikan oleh orang lain  dapat dipahami dengan baik dan tepat. Kebanyakan orang mungkin sudah lama mendalami dan belajar Bahasa Inggris tetapi masih sering mengalami kesulitan dalam melakukan percakapan berbahasa Inggris. Terkadang kita juga merasa aneh karena mungkin ada yang sering menonton TV, atau video youtube yang berbahasa Inggris dan memahami maksud dan tujuan pembicara tetapi susah untuk melakukan percakapan seperti mereka. Yeah, hal ini sering terjadi karena kemampuan kita dalam berbicara Bahasa Inggris itu juga perlu dilatih secara khusus. Perlu ada praktek bercakap – cakap dalam Bahasa Inggris.

Praktek percakapan bahasa inggris setiap hari

Coba sahabat perhatikan! Bahwa ketika orang yang telah fasih berbahasa Inggris melakukan percakapan, sepertinya secara otomatis dan spontan kata – kata ataupun susunan kalimat terstruktur keluar dari mulut mereka. Hal ini karena mereka sungguh – sungguh menguasai kosakata dan beberapa skill lainnya serta melakukan praktek percakapan berbahasa Inggris setiap harinya.

Nah, untuk itu, kita harus perlu latihan rutin untuk bisa seperti mereka. Kenapa ? Supaya apapun yang ada dalam benak kita secara mudah bisa di – convert dalam Bahasa Inggris.

 

Daftar isi

1.      Contoh percakapan berbahasa Inggris dan Terjemahannya

  • Percakapan bahasa Inggris Perkenalan
    • Perkenalan Diri Sendiri
    • Memperkenalkan Orang Lain
  • Praktek Percakapan Bahasa Inggris Liburan
    • Contoh Percakapan Bahasa Inggris Liburan
  • Percakapan-Bahasa-Inggris Kegiatan di Pagi Hari

 

Berikut ini aku akan memberikan contoh – contoh percakapan yang nyata yang aku alami dalam kehidupan sehari-hari. Ini untuk menambah pengetahuan para pembaca sekalian dalam Belajar Bahasa Inggris. Percakapan dalam dialog yang akan ditampilkan berupa percakapan singkat, percakapan antara dua orang, tiga orang, atau bahkan lebih dengan berbagai tema dan kondisi.

PercakapanB ahasa Inggris Perkenalan

Biasanya ketika kita baru saja bertemu dengan orang baru, topik percakapan pertama yang harus dilakukan adalan perkenalan. Berikut ini adalah contoh-contoh dialog Bahasa Inggris perkenalan.

Perkenalan Diri Sendiri

              Berikut ini adalah contoh percakapan atau dialog dalam Bahasa Inggris ketika pertama kali bertemu dengan orang lain yang belum pernah dikenal. Jadi, situasi yang terjadi di sini adalah ketika Ririn dan Rani bertemu pertama kali di sebuah acara pernikahan. Silahkan simak dengan baik – baik dialog perkenalan  mereka di bawah ini kemudian sahabat praktekkan dengan teman Anda.

grammar bahasa Inggris

Robert : Hi, I’m Robert.

Rani : Hi!

Robert: You are…..?

Rani: Oh. I’m Rani.

Robert: You look new here. Have you ever been here before?

Rani: No. This is my first time.

Robert: I see. What do you think about this party?

Rani: Oh. This is a great party! I love it.

Robert: Yes, it is. By the way, where are you from?

Rani: I’m from Indonesia. What about you?

Robert: Cool! I’m from this town. I live in an apartment over there. By the way, if you don’t mind, I can show you around.

Rani: Sure. Thank you. Here is my number. Text me when you’re free.

Robert: Alright. See you Rani.

Rani: See ya.

Memperkenalkan Orang Lain

Berikut ini adalah contoh dialog bahasa Inggris tiga orang, di mana salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan sesamanya kepada teman lamanya. Situasi percakapan yang terjadi di bawah ini terjadi ketika mereka makan malam bersama di sebuah rumah makan terkenal di Kupang. Nick berencana untuk bertemu dengan Sandro, salah satu teman lamanya di sebuah rumah makan di sana. Akan tetapi, Nick membawa seorang teman barunya, Elena, yang kebetulan berlibur ke rumahnya. Simak dengan baik percakapan berbahasa Inggris berikut ini.

Kursus Bahasa Inggris Online

Nick: Yo Sandro. What is up?

Sandro: Yo Nick. What’s up, man? Glad to see you again.

Nick: By the way, Sandro, this is Elena. And Elena, this is Sandro.

Sandro: Hi Elena. Nice to meet you.

Elena: Hi Sandro! Nice to meet you, too.

Nick: So, Elena. Sandro is my old friend. We have been friends since we were at High School.

Ellena: Great. By the way, thank you for inviting me here.

Nick: No problem.

 

Percakapan-Bahasa-Inggris Liburan

Berikut ini adalah contoh percakapan berbahasa Inggris tentang liburan.

Contoh dialog bahasa Inggris Liburan 1

Situasi percakapan ini terjadi ketika liburan panjang. Ceritanya, Jefri adalah seorang mahasiswa yang kuliah di salah satu Universitas Swasta di Yogyakarta.  Karena ini adalah liburan yang panjang maka Jefri memutuskan untuk berlibur ke desa atau kampung halamannya. Sedangkan, Efen, seorang temannya, akan berlibur ke luar negeri. Berikut adalah percakapan mereka. Silahkan, simak baik – baik percakapan di bawah ini.

Jefri : I’m so happy. Finally, it’s our long vacation.

( Aku sangat senang. Akhirnya, liburan panjang kita tiba)

Efen : Me too. I’ve been waiting for it for quite long.

(Aku juga. Aku telah menunggu lama).

Jeri :  So, what are you gonna do for this long vacation?

( Jadi, apa yang akan kamu lakukan selama liburan panjang ini?)

Efen : I’m gonna spend my long holiday in US with my family. How about you?

(Aku akan menghabiskan waktu liburan panjangku bersama keluarga di United States. Bagaimana dengan kamu?

Jefri :  My family and I are going to visit my grandparents in my hometown in East Nusa Tenggara. We’re gonna help them harvest their rice in the rice field. Can’t wait to enjoy the fresh air in my hometown.

( Keluargaku dan aku akan mengunjungi kakek – nenek di kampung halaman ku di Nusa Tenggara Timur. Kami akan membantu mereka panen padi di sawah. Aku ngak sabar lagi untuk menikmati udara segar di kampung halaman ku).

Efen : That sounds exciting! Enjoy your holiday, Jeff.

(kedengarannya menarik! Selamat menikmati liburanmu, Jeff).

Jefri : Thank you Efen. You too. See you in two months.

(Terima kasih Efen. Kamu juga. Sampai jumpa dua bulan lagi).

Percakapan Bahasa Inggris Kegiatan di Pagi Hari

              Di bawah ini adalah contoh situasi percakapan berbahasa Inggris kegiatan pagi hari. Silahkan simak baik-baik percakapan di bawah ini.

Mario: Nano, can you tell me about your routines. What time do you wake up?

( Nano, bisakah kamu menceritakan ku tentang rutinitas mu? Jam berapa kamu bangun tidur?)

Nano : Well, I usually wake up at 5 o’clock. And then, I start my day with a prayer. After that, I read books and write down my plan for the day. How about you? What time do you wake up?

( Baik. Aku biasanya bangun pagi jam 5. Kemudian, aku memulai hari ku dengan sebuah doa. Sesudah itu, aku baca buku dan menulis rencana kegiatanku untuk hari itu. Bagaimana dengan kamu? Jam berapa kamu bangun pagi?)

Mario : Wow, that is amazing. I sometimes wake up late. I do not have a regular time to wake up in the morning. Maybe I should learn from you.

( Wow, itu menakjubkan. Aku terkadang terlambat bangun pagi. Dan aku tidak punya waktu tetap untuk bangun pagi. Mungkin Aku seharusnya belajar dari kamu.)

Nano : Sure. It’s okay.

(Oke. Tidak apa – apa).

Mario : Thanks!

(Terima kasih!)

Dan sekian dulu yang bisa aku bagikan pada hari ini. Akan tetapi, sebelum aku akhiri artikel singkat ini, aku mau minta para sahabat yang mau betul – betul lancar berbahasa Inggris, untuk praktek berbicara bahasa Inggris setiap hari.

Jangan pernah mengeluh apalagi menyerah.

Skill berbahasa Inggris sangat – sangat penting dalam membangun karir di era globalisasi ini dan terutama nanti di era pasar bebas. Era MEA akan sangat berguna.

Bahkan sekarang, banyak perusahaan yang kalau membuat lowongan kerja, selalu mensyaratkan calon pegawainya untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar.

Kita sama – sama tahu juga bahwa website maupun aplikasi beberapa perusahaan asal Indonesia ditulis dalam bahasa Inggris seperti Gojek dan Traveloka. Sahabat bisa cek sendiri di website dan aplikasi mereka.

CEO karir.com, Dino Martin mengatakan bahasa Inggris sekarang tidak hanya menjadi kebutuhan perusahaan multinasional melainkan juga perusahaan lokal. Jika demikian, sahabat mau hanya puas dengan bahasa Indonesia?

Tentunya, tidak, iya kan?

Aku yakin para sahabat adalah orang – orang yang cerdas dan mau mengambil banyak peluang hebat dalam kompetisi era globalisasi.

Dan bagi para sahabatku yang mau sungguh – sungguh bisa berbahasa Inggris dengan lancar, aku mau merekomendasikan sebuah komunitas bahasa Inggris yang sangat powerful dan terbukti membantu banyak orang bisa berbahasa Inggris. Komunitas itu bisa sahabat akses di link ini:Klik link ini tuk akses situs komunitas super dahsyat dalam membantu Anda.

Tentunya, aku merekomendasikan komunitas ini karena banyak keuntungan dan promo menarik yang bisa sahabat dapatkan, seperti tersedia tutor bule dan lokal, pelajarannya dalam bentuk video dari pengenalan kemampuan berbahasa Inggris, pronunciation, vocabulary, grammar, analisa film, dan trips dan tricks berbahasa Inggris seperti bule.

Nanti juga sahabat akan dimasukkan dalam grup WA dan FB mereka tuk praktek percakapan bahasa Inggris setiap hari, dibimbing secara gratis seumur hidup.

Dan yang PALING PENTING! TERSEDIA 85% DISKON dari Rp. 1 juta/ bulan MENJADI HANYA RP. 150.000/ BULAN. 

Dan jika sahabat akses situs mereka melalui link di atas hari ini, sahabat akan MENDAPAT AKSES DISKON INI SEUMUR HIDUP. SEUMUR HIDUP DISKON INI AKAN BERLAKU UNTUK KALIAN PARA SAHABATKU.

Jadi, jangan buang – buang kesempatan. Langsung saja klik link di atas dan good luck. Jika sahabat mau buka link mereka secara independent, sahabat bisa ketik rumahbelajarahundred.com .

Dan begitu saja, I hope you enjoy your English learning process. 

Praktek Percakapan Bahasa Inggris.
Written by Jefri Allen
.

Categorised in:

Comment Closed: Praktek Percakapan Bahasa Inggris

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!