Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tips Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat

(332 Views) June 30, 2019 10:48 pm | Published by | Comments Off on Tips Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat.

Hari ini adalah Jakarta Car Free Day. Seperti biasa, kalau aku diajak berolahraga, 98% jawabanku adalah let’s go. Ayo.

Jam 6:00, aku dibangunkan dan diajak ke CFD. Tanpa pikir panjang, akupun meng- iya – kan dan cao (istilah orang Timor untuk pergi). Kami berangkat dari rumah dengan menggunakan Go-car menuju Bundaran Senayan.

Setibanya di sana, seperti biasa, udah banyak orang yang berolahraga dan foto – foto hehehe. Kami pun tidak mau ketinggalan. Salah seorang temanku, Onsi, yang paling antusias untuk foto ketika menginjakkan kakinya untuk pertama kali di Bundaran Senayan. hehehe. Dan tentunya tidak ketinggalan aku juga.

Akhirnya …

Sesudah sekali dua kali pose di Bundaran Senayan, kami pun mulai membuang langkah pertama menuju Bundaran HI.

Awet Muda di Usia Senja

Dalam perjalanan ke sana, seperti biasa, ada orang yang sangat entusias untuk jalan sehat, jogging, bersepeda, joget dan lain – lain. Aku sendiri merasa sangat bahagia bahwa masih banyak orang yang mau menjaga kesehatan mereka. Ini sebenarnya adalah sesuatu yang sangat – sangat positif untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Aku sih orang yang suka berolahraga. Olah raga yang paling aku suka adalah bermain bola kaki (soccer). Akan tetapi, kalau tidak ada pun, tidak menjadi masalah. Aku bisa jogging, jalan kaki jarak jauh, bersepeda, sprint dan beberapa lainnya.

Itulah alasannya, mengapa aku sangat bahagia ketika aku bisa berolah raga di Senayan.

Nah, kembali lagi ke topik pembicaraan kita bahwa aku sangat bahagia melihat respon positif banyak orang untuk merangkul gaya hidup sehat dengan cara berolah raga. Dan ini merupakan tips utama yang ingin aku tekankan pada hari ini.

Bahwa salah satu tips yang diabaikan banyak orang untuk tetap awet muda dan kuat adalah olah raga. Ini pun aku abaikan sampai suatu saat aku sakit dan nyaris lumpuh. Aku hampir lumpuh di tahun 2015. Akan tetapi, dengan menahan rasa sakit di badanku, aku paksakan diri untuk berolahraga.

Hasilnya adalah setelah beberapa bulan berolah raga, aku pun bisa kembali bermain bola kaki. Bahkan ketika uji lari di antara kami para pemain, aku saat itu keluar menjadi yang tercepat. Aku sangat bahagia saat itu. Mengapa? Karena aku kembali mendapatkan tenaga dan kecepatan ku yang nyaris hilang di usiaku yang ke 22 – 23 tahun.

Tahun lalu tepatnya akhir Desember, aku berlibur ke kampung ku. Dari semua kejadian di sana, aku sempat tercengan dengan kesehatan dan kekuatan seseorang yang tidak pernah aku bayangkan. Beliau adalah Om Ose Soi atau yang aku sapa dengan Tua Usi / Tua Bana. Note: Tua itu adalah sapaan orang di kampungku yang ditujukan untuk seorang yang udah sangat berusia atau kakek.

Aku sungguh tercengan. Mengapa tidak? Tak pernah terbayangkan olehku bahwa dengan usianya yang berkisar 70 – 80-an tahun beliau masih kuat berjalan tanpa alas kaki seperti kita yang berusia 20-an tahun.

Suaranya masih sekeras 20-an tahun yang silam. Tatapan matanya masih setajam dulu. Apalagi kecepatan langkahnya. Ketahanan staminanya. Aku hanya bilang, “Wow. Ini adalah sebuah prestasi bagi beliau.”

Biasanya ketika dengan usianya yang berkisar sekitar 80-an tahun, kakek – kakek udah pada di atas kursi roda dan tidak mampu berjalan lagi. Akan tetapi, ini berbalik terbalik dengan Om Kakek yang satu ini. Di usia senjanya, beliau malah makin kuat dan kekuatannya seolah – olah tidak pernah sirna. Beliau udah punya cucuk dan bahkan cucunya udah punya anak. Akan tetapi, lihat kekuatannya masih tetap terjaga seperti dulu.

Melihat kejadian itu, tentunya aku terinspirasi untuk memiliki kekuatan yang awet seperti beliau. Aku ingin nanti masih kelihatan awet muda ketika aku udah berusia senja dan yang paling utama masih kuat untuk bermain – main dengan cucu bahkan anak cucu ku. Dan tentunya, Anda, sahabat ku ingin merasakan hal yang sama, tidak?

Jika sahabat ingin merasakan hal yang sama, aku ingin berbagi tips nya sekarang.

Tips – tips.

Pola Hidup Sehat

Berikut ini adalah tips hidup sehat yang membuat awet muda dan tetap kuat, yang aku pelajari dari Tua Bana atau Om Ose Soi. Tips ini pun yang menjadi rahasia umur panjang para kakek nenek kita di kampung dulu.

Tips yang aku maksud adalah Olah raga terutama jalan kaki.

Jika sahabat pernah mengamati kebiasaan Om Ose Soi di kampung, salah satu kekhasannya yang hampir tidak semua orang punya yakni ke mana saja beliau pergi, beliau selalu berjalan kaki. Bahkan tidak hanya sekedar berjalan kaki, tetapi berjalan kaki tanpa alas kaki.

Jalan kaki udah menjadi kebiasaannya sebelum aku lahir hingga masa kanak – kanak, sampai hari ini. Sering aku lihat beliau berjalan kaki ke pasar Fatum – tasa tanpa alas kaki. Jaraknya dari rumahnya sekitar 3 – 5 km. Jadi total, perjalanannya sekitar 6 – 10 km. Sering pun aku lihat beliau ke Wini, pulang pergi hanya dengan jalan kaki. Jaraknya sekitar 8 – 12 km dari rumahnya.

Tidak hanya itu, seperti orang – orang di kampungku. Setiap hari mereka pasti ke kebun dengan berjalan kaki. Jadi, 99.999% aktivitas beliau di kampungku selalu involve jalan kaki.

Menurutku, ini – lah yang membuat beliau sangat – sangat awet kuat bahkan di usianya yang telah senja. Bahkan bukan hanya beliau, tetapi banyak orang di kampung. Banyak orang di kampung awet kuat di usia senja karena sering berjalan kaki.

Berjalan kaki tentu sangat berguna untuk kesehatan kita. Dengan berjalan kaki, pembuluh darah kita terbuka dan tentunya aliran darah pun berjalan dengan lancar. Dan pastinya, jatung semakin sehat, otak, hati, hingga organ – organ tubuh yang lain.

Apalagi kebiasaan di atas ditambah dengan minum air bersih yang banyak plus makan makanan yang sehat (tidak terlalu banyak makanan instan). Dipastikan, para sahabat akan menuai kesehatan yang luar biasa di usia senja. Banyak sekali contoh orang di kampung baik di Indonesia maupun di luar Indonesia yang awet kuat hingga usia senjanya. Jika sahabat menemukan satu atau dua, boleh lah sahabat amati gaya hidupnya dan interview beliau. Siapa tahu, mereka bisa menginspirasi kita semua yang hidup di kota yang masih berjuang untuk awet kuat di usia senja nanti.

Anyway guys, aku pikir cukup sampai di sini saja ya. Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa nonton video di bawah ini. Di sana aku menjelaskan dengan detil, tips – tips hidup sehat yang sangat powerful untuk dipraktekkan.

Dan yang paling utama adalah sahabat harus praktekkan. Jalankan tips – tips tersebut. Jangan hanya sebatas tahu saja. Itu ngak ada faedahnya. Jadi, sekali lagi, baca, nonton dan praktekkan saranku. Puji Tuhan, Insya Allah, para sahabat akan mendapatkan kekuatan yang tak terbayangkan di usia senja.

Wrap it up:

Kunci dari pembicaraan ku di atas adalah tentang tips hidup sehat yang membuat awet muda dan tetap kuat di usia sekarang hingga usia senja.

Tips yang paling utama adalah harus rajin berolah raga. Boleh bersepeda, jogging, sprint, bermain bola. Akan tetapi, jika yang di atas tidak bisa Anda lakukan atau mungkin karena situasi kurang menguntungkan, para sahabat harus RAJIN BERJALAN KAKI.

Ke mana saja sahabat pergi, sebaiknya, sahabat berjalan kaki. Kurangi mobilitas dengan menggunakan motor atau mobil. Jika jaraknya hanya 500 meter, sebaiknya jalan kaki aja. Apalagi dipagi atau sore hari. Itu adalah waktu yang paling adem dan tepat untuk beraksi.

Ditambah minum air yang banyak, makan makanan yang sehat dan tidur yang teratur pula. Puji Tuhan, Insya Allah, para sahabat akan menuai hasil yang luar biasa di usia sekarang hingga senja. Anyway, best of luck.

Untuk para sahabat yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya, ini aku mau rekomendasikan sebuah komunitas Kursus Bahasa Inggris yang sangat powerful untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sahabat secara dratis. Klik link ini untuk temukan promo – promo dan keuntungan menarik di link mereka. Terutama sedang ada diskon 85% untuk para sahabat yang klik hari ini dan kunjungi situs mereka. Inilah linknya: Kursus Bahasa Inggris Online RUMAH BELAJAR AHUNDREDTersedia DISKON 85% dan berbagai keuntungan di sana. Klik ini. . 

Klik link di atas ya dan good luck.

Bersepeda untuk awet muda Jogging dari Senayan ke HI untuk hidup sehat Olah raga di CFD untuk awet kuat

Tips Hidup Sehat.

Jalan sehat di Senaya, Jakarta Selatan

Tips Hidup Sehat yg Akan Membuat Awet Muda & Tetap Kuat di Masa Tua.

Categorised in:

Comment Closed: Tips Hidup Sehat

Sorry, comment are closed for this post.

error: Content is protected !!